Sekadau (Antara Kalbar) -  tahun 2014, yang merupakan hasil kerjasama sekolah dengan konsultan pendidikan Kabupaten Sekadau.

“Tujuan workshop ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam tugasnya,” kata  Sugiarto, M. Ed, narasumber sekaligus konsultan pendidikan Kabupaten Sekadau, yang disampaikan lewat siaran pers, Minggu.

Sejumlah guru peserta workshop cukup antusias mengikuti angenda itu. Adapun peserta workshop adalah para dewan guru yang bertugas di SMPN 5 Sekadau Hulu dan mengundang beberapa sekolah jenjang SMP di Kabupaten Sekadau. Workshop itu sendiri mengambil tema “Understanding 2013 Curricullum Deeply and Conducting Scientific Research for Teachers”.

"Workshop itu merupakan implementasi dari program SMPN 5 Sekadau Hulu yang tertuang dalam Rencana Program Sekolah (RPS) jangka panjang tahun 2014. Guru sebagai profesi pendidik dituntut untuk senantiasa meng-'update'  pengetahuannya melalui berbagai kegiatan baik secara pribadi maupun mengikuti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan profesionalistas guru," tuturnya.

Menurut Sugiarto, banyak kegiatan positif untuk meningkatkan profesionalitas, misalnya mengikuti Diklat, seminar, MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran), workshop maupun kegiatan ilmiah lainnya. Materi workshop meliputi implementasi kurikulum 2013 termasuk pembuatan Rencana Program Pembelajaran (RPP) menggunakan pendekatan sainstis dan penulisan karya ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 5 Sekadau Hulu, Wasis, menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya, dengan adanya workshop tersbut guru-guru yang bertugas di sekolah yang dipimpinnya semakin meningkat dalam kinerjanya, dan workshop semacam ini dianggap penting diikuti.

Bahkan ia mewajibkan bagi guru-guru di SMP N 5 dapat menghasilkan buah karya ilmiah dalam satu tahun pelajaran. Harapan kita, rekan-rekan guru semakin meningkatkan kualitas kerja.

"Ini sangat berguna untuk menambah poin guru dalam Penilaian Kinerja Guru setiap tahunnya. Workshop yang juga digelar bersamaan dengan dies natalies SMPN 5 Sekadau Hulu ke-7 tahun," paparnya.

Dia mengatakan lebih lanjut, kegiatan itu diharapkan menjadi momentum meningkatkan prestasi sekolah baik dari kualitas Guru, siswa dan semakin meningkatkan kenyamanan dan kondusifnya lingkungan sekolah.

“Dengan mengusung visi menuju sekolah efektif, berkualitas dan berakhlak mulia, SMPN 5 Sekadau Hulu bertekad untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik,” pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014