Ngabang (Antara Kalbar) - Sebanyak 9 finalis Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Landak 2014 tampil memukau dengan menunjukkan kemampuan bakat di hadapan dewan juri dan tamu undangan pada Grand Final di aula kantor bupati Landak, Kamis (5/6) malam.

Ajang  Pemilihan Putri Pariwisata Landak 2014 digelar oleh Dinas Pemuda Olaharaga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) guna mempersiapkan dua peserta untuk dikirim tingkat Provinsi Kalbar pada Juni ini.

Malam grand final pemilihan putri pariwisata cukup meriah dihadiri ratusan undangan dari jajaran pejabat dan masyarakat. Setelah parade dan penampilan satu persatu dari sembilan finalis. Akhirnya, tiga Putri Pariwisata Landak 2014 berhasil dinobatkan untuk pemenang pertama atas nama Juliana Novianti, pemenang kedua atau runnur up atas nama Yanti dan pemenang ketiga atas nama Shikal Sari.

"Dua pemenang satu dan dua akan dikirim ke tingkat provinsi Kalbar yang dijadwalkan tanggal 18 Juni mendatang,"ujar Supiana selaku Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar kepada Antara.

Menurut Supiana, ajang pemilihan Putri Pariwisata selain menjadi agenda rutin setiap tahun, dan sebagai salah satu mempromosikan potensi pariwisata agar menarik para investor untuk menanamkan modal disektor kepariwisataan di bumi Intan ini.

"Para peserta pemilihan pariwisata diharapkan membantu dalam mempromosikan potensi pariwisata di Landak ini. Baik wisata alam, budaya dan sejarah," ujar Supiana.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Landak Ludis mengapresiasi para finalis putri pariwisata Landak 2014 yang menunjukan bakat dalam membantu promosi kepariwisataan. Diakuinya potensi pariwisata di Landak cukup banyak namun masih perlu dikemas.

"Karena dengan keterbatasan anggaran pemerintah Landak, secara bertahap terus memperhatikan potensi pariwisata," ujarnya.

Ia berharap ajang pemilihan putri pariwisata bisa menjadikan kegiatan yang membantu promosi potensi daerah. Karena peserta akan tampil bersaing bersama putri pariwisata dari kabupaten/kota di Kalbar.

"Karena tujuan pemilihan putri pariwisata tidak terlepas pencarian bakat yang kreati dan inovatif. Peserta ditantang tim juri dengan pengetahuan baik tentang kepariwisataan dan penampilan bakat serta prilaku masing-masing peserta," ungkap Ludis.

Para berharap bisa membentuk sebuah Ikatan para finalis putri pariwisata Landak sehingga bisa sebagai wadah dalam promosi potensi pariwisata di kabupaten Landak.

Seperti diketahui potensi pariwisata unggulan di kabupaten Landak meliputi wisata alam air terjun Manangar di Kecamatan Air Besar dan Gunung Sehak di Kecamatan Sengah Temila.  Wisata sejarah terdapat Keraton dan Makam Raja Landak di Kecamatan Ngabang, Rumah Betang Sahamp di Kecamatan Sengah Temila dan Makam Juang Mandor di Kecamatan Mandor. Wisata event budaya, Naik Dango, Tumpang Negeri dan Robo-robo digelar setiap tahun oleh masyarakat adat dayak dan Melayu.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014