Pontianak (Antara Kalbar) - Kelurahan Parit Tokaya mewakili Kota Pontianak dalam Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Tim penilai Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat meninjau langsung Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan Jl. Sutoyo, Senin.

Ketua rombongan tim penilai Toni Sunardi menegaskan, penilaian akan dilakukan dengan objektif sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

 "Saya lihat Kelurahan Parit Tokaya sudah siap untuk menjadi juara, nampak dari semangatnya,"  ujarnya.

Toni berharap dengan adanya lomba kelurahan ini dapat memotivasi untuk terus memajukan daerah masing-masing.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, Kelurahan Parit Tokaya adalah kelurahan terbaik di Kota Pontianak yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota, dan dilanjutkan ke tingkat propinsi.

"Lomba kelurahan ini sebagai evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan di kelurahan," ujarnya.

Ia juga menuturkan dengan adanya lomba kelurahan ini merupakan salah satu bentuk kompetisi pembangunan yang dilakukan secara partisipatif.

"Saya juga mengapresiasi warga masyarakat yang telah menunjukkan partisipasi aktif mendukung program-program pembangunan pemerintah," jelasnya.

Penilaian dilakukan pada 8 indikator, yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dan pemerintah, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan bidang PKK.

Kelurahan Parit Tokaya akan bersaing dengan desa dan kelurahan dari 9 kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Kelurahan yang keluar sebagai juara di tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan melaju ke Lomba Kelurahan tingkat nasional.

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014