Sekadau (Antara Kalbar) - Sekda Sekadau punya kriteria khusus soal calon pemimpin. Menurut alumnus program magister manajemen di Universitas Tanjungpura itu, seorang pemimpin yang ideal mesti memiliki apa yang ia istilahkan dengan CCTV.

CCTV ala Sekda Sekadau merupakan singkatan dari Cerdas, Cepat, Tepat dan Visioner.

"Pemimpin sudah harus dan dituntut cerdas, baik dalam menentukan arah kebijakan pembangunan maupun menyikapi berbagai hal yang dihadapi. “Kalau tidak cerdas mau jadi apa. Begini tidak bisa, begitu tidak bisa. Pemimpin dituntut harus cerdas. Seorang pemimpin harus pula dapat berpikir cepat dalam mengambil tindakan. Jika suatu hal disikapi terlalu lama, dikhawatirkan akan menimbulkan efek baru," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Yohanes Jhon.

Jhon mengatakan, selain cerdas, harus bisa berpikir cepat juga. Cepat mengambil tindakan, tidak kelamaan berpikir. Minta pertimbangan sana sini, ujung-ujungnya jadi bingung mau mengambil keputusan seperti apa. Kemudian, pemikiran dan tindakan seorang pemimpin harus dipastikan tidak meleset alias tepat sasaran. Karena, jika keputusan yang diambil melenceng sedikit saja, maka akan berdampak luas.

“Namanya pemimpin, apapun keputusan yang diambil pasti punya efek untuk masyarakat. Kalau keputusannya tidak tepat, ya masyarakat dirugikan. Makanya harus dipastikan setepat mungkin. Terakhir, seorang pemimpin pastinya harus visioner. Pemimpin tidak boleh hanya berpikiran untuk jaka waktu pendek. Pemimpin harus memiliki ide-ide jangka panjang untuk kepentingan di masa mendatang. Sudah pasti harus visioner, punya pandangan yang luas untuk kepentingan generasi penerus dan bukan hanya untuk kepentingan selama ia menjabat saja,” pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014