Beijing (Antara Kalbar) - Perwakilan Pemerintah Indonesia di Tiongkok mematangkan persiapan pelaksanaan Pemilu Presiden 2014 yang akan dilaksanakan serentak pada Minggu (6/7).

Pantauan Antara di Beijing, Sabtu, Kedutaan Besar RI di Beijing, menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Beijing dan sekitarnya untuk menyalurkan aspirasi politiknya.

Jumlah WNI yang akan menggunakan hak politiknya di wilayah Beijing dan sekitarnya tercatat 1.739 orang, terdari atas 1.145 orang berada di Beijing dan sisanya 594 berada di luar kota sekitar Beijing.

Sementara itu Konsulat Jenderal RI di Shanghai menyiapkan satu TPS bagi 1.803 calon pemilih yang terdiri atas 1.188 akan memilih di TPS dan sisanya sebanyak 615 orang akan menyalurkan aspirasinya melalui pos.

Sedangkan Konsulat Jenderal RI di Hong Kong menyiapkan 13 TPS di Central Lawn Victoria Park, dan dua TPS di Macau. Jumlah pemilih keseluruhan untuk dua wilayah itu 114.662 orang, 18.126 orang di antaranya akan menggunakan hak pilihnya melalui pos.

Khusus pelaksanaan Pilpres 2014 di Hong Kong akan dihadiri juga oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu dan dua orang Komisioner Komisi Pemillihan Umum (KPU).

Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo sebelumnya mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi Pilpres dalam beberapa kesempatan, kepada masyarakat dan organisasi kemasyaratan WNI di Tiongkok.
"Dengan begitu, diharapkan partisipasi WNI pada Pilpres 2014 mendatang akan lebih baik dibandingkan saat Pileg," ujarnya.

Pewarta: Rini Utami

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014