Ngabang (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak, Rabu sore (16/7) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden 2014.

Pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo - Jusuf Kalla menang telak di daerah basic PDI Perjuangan itu yakni meraih suara sebanyak 195.610 atau 83,87 persen. Calon nomor urut dua itu menyapu bersih suara di 13 kecamatan yang ada di Landak.

Sedangkan pasangan nomer urut satu Prabowo Subianto - Hatta Rajasa mengantongi suara sebanyak 37.263 atau 16,13 persen.

"Jumlah daftar pemilih tetap DPT  257.593 pemilih, pengguna hak pilih dalam DPT 233.026 suara tidak sah  1411. Jumlah suara sah  233.233. Jadi partisipasi pemilih 91 persen, sedangkan pemilih tak gunakan hak pilih  22949 pemilih," ungkap Ketua KPU Landak Lomon seusai rapat pleno.

Lomon  mengucapkan terima kasih dan selamat kepada masyarakat yang melaksanakan pesta demokrasi dengan lancar.

"Kalau kami nilai, ini yang paling baik untuk para penyelenggara baik PPK, PPS. Harus kita jaga dan dipertahankan. Karena masih pleno lagi di provinsi dan nasional," ujar Lomon.

Terkait adanya hitungan cepat dari masing-masing kandidat, pihak penyelenggara Pemilu menghargainya. Tapi yang valid adalah data yang dikeluarkan KPU Nasional di Jakarta.

"Jadi, kesuksesan kita syukuri bersama. Karena sukses bukan keberhasilan penyelenggara saja.  Tapi sukses untuk semua pihak yang terlibat baik langsung atau tidak langsung pada Pemilu," katanya.

Rapat pleno berlangsung pukul 14.30 WIB hingga malam hari. Rapat dihadiri Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi, dan jajaran undangan lainnya.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014