Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Yunus, merasa optimistis seluruh sekolah di kabupaten itu bisa menerapkan kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah pusat.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan menjadi salah satu daerah yang telah memiliki kesiapan penerapan kurikulum pendidikan 2013. Terlebih sosialisasi implementasi kurikulum 2013 disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI beberapa waktu lalu, sehingga saya berkeyakinan penuh kurikulum 2013 dapat dipahami dengan mudah oleh guru maupun siswanya," katanya di Sungai Raya, Minggu.

Dia memastikan seluruh sekolah di kabupaten itu sudah bisa menerapkan kurikulum pendidikan 2013 seiring rampungnya sosialisasi yang dilakukan kepada para guru beberapa waktu lalu.

"Kesiapan pemerintah daerah dalam mendukung pengadaan buku dan biaya penunjangnya saat ini sudah hampir rampung. Sambil menunggu buku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tiba, pemerintah Kubu Raya bertekad menjadi daerah pertama yang akan menerapkan kurikulum 2013," tuturnya.

Yunus mengatakan, dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 itu hingga saat ini pihaknya tidak mendapatkan kendala apa pun. Karena, menurutnya, kurikulum 2013 itu lebih mudah untuk dipahami baik itu untuk siswa maupun tenaga pengajarnya sendiri.

"Saya rasa dengan kurikulum 2013 ini guru merasa lebih enak menyampaikan materi-materi pembelajaran kepada siswa-siswanya dibandingkan dengan program sebelumnya," katanya.

Menurutnya, target pembelajaran menjadi harapan dari perubahan kurikulum ini, sehingga bisa dijalankan dengan baik, dan mampu menciptakan sumber daya manusia berkualitas.

"Kesiapan penguasaan kurikulum baru oleh para guru, akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten ini dalam menciptakan generasi muda cerdas serta memiliki ketrampilan, kompetensi serta mental dan sikap yang baik," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014