Pontianak  (Antara Kalbar) - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat mulai tanggal 20 Agustus hingga 3 September 2014, kata Kepala Badan Kepagawaian Daerah Kota setempat Khairil Anwar.

"Sesuai dengan surat edaran menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bahwa pembukaan pendaftaran CPNS dilakukan dalam waktu dua minggu," kata Khairil Anwar di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan untuk mendaftar CPNS tahun 2014, masyarakat tidak perlu repot-repot mengurus kartu kuning, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dan surat keterangan sehat.

"Pelamar tidak lagi direpotkan untuk mengurus berbagai surat-menyurat seperti itu, selain memakan waktu yang lama, dan biayanya juga mahal," ungkapnya.

Khairil menambahkan semua persyaratan tersebut diperlukan ketika si pelamar sudah dinyatakan lulus tes seleksi CPNS.

"Untuk pengumuman lowongan formasi CPNS tahun 2014, akan diumumkan tanggal 18 - 29 Agustus," katanya.

Sementara untuk pelaksanaan tes seleksi CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan mulai tanggal 8 September 2014 hingga selesai, kata Khairil.

Kepala BKD Kota Pontianak menambahkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah meminta agar instansi yang belum menyerahkan persyaratan dan lowongan formasinya segera menyerahkan paling lambat tanggal 8 Agustus.

"Terkait itu, kami sedang mengusahakannya, agar jadwal yang sudah diumumkan tidak berubah," kata Khairil.

Sesuai jadwal, menurut dia, pelaksanaan tes seleksi CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan mulai tanggal 8 September 2014, setelah itu akan dilanjutkan dengan tes kemampuan bidang (TKB), bagi yang lulus sistem passing grade.

(A057/B008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014