Belitang Hilir (Antara Kalbar) - HUT Pramuka Indonesia ke-53 di Kabupaten Sekadau dipusatkan di halaman kantor camat Belitang Hilir dengan apel akbar se-Kabupaten Sekadau yang dipimpin langsung oleh Bupati Sekadau.

Kegiatan yang mengusung tema memantapkan pembentukan karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi.  itu dimulai pukul 10.30 Wib.

"Selamat Siang untuk kita semua yang hadir disini dan kami dari kwartir cabang mengucapkan terima kasih atas sambutan disini, rangkain peringatan HUT Pramuka Indonesia yang jatuh pada 14 Agustus kemarin sudah kita laksanakan di sekadau, ada beberapa rangkaian kegiatan dan ini disini juga masuk rangkain kegiatan HUT Pramuka Indonesia," ungkap Ketua Kwartir cabang Pramuka Kabupaten Sekadau, Isnaini (21/8).

Tampak hadir ketua majelis pembimbing cabang yakni Bupati Sekadau Simon Petrus, beserta rombongan dan tampak pula anggota pembina kwarcab pramuka kabupaten sekadau yakni Ketua DPRD Sekadau Aloysius dan Wakapolres Sekadau juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau Wirdan Machzumi. Bergerak sebagai pembina Apel Akbar, Bupati Sekadau mengenakan setelan lengkap seragam pramuka. Kegiatan diteruskan dengan menyanyikan hyme pramuka serta penyematan penghargaan panca warsa yang menandai kesetiannya dalam kegiatan pramuka.

"Kurikulum 2013, pramuka menjadi ektrakulikuler wajib di setiap sekolah dan kita akan kursus mahir dasar guru-guru di Kecamatan Nanga Mahap. Perayaan HUT Pramuka ini setiap tahun nya kita rayakan di setiap kecamatan secara bergantian. Pramuka kecamatan Belitang Hilir pernah mencatatkan nama dipentas dunia dengan mengirimkan satu orang pada jambore internasional di korea pada masa kita masih bergabung dengan kabupaten sanggau. Tahun ini pak bupati kita juga menerima satya wiramadya dari kak kwarda yang akan diterima di kapuas hulu, kita juga meminta pak bupati hadir pada kegiatan tersebut nantinya. Di pramuka kita tidak bisa menjadi tua, karena kita tetap dipanggil kakak dan inilah indah serta seni nya gerakan pramuka," paparnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau dalam amanatnya mengatakan, semoga acara ini bermanfaat bagi kita semua untuk menyemangati kita semua. Selaku pembina kita mengapresiasi semua rangkaian pramuka yang dikoordinir melalui kwartir dan kepada muspika serta masyarakat kecamatan belitang hilir ini yang sudah memperkenan mempersiapkan kegiatan ini, semoga apa yang telah dibuat ini bermanfaat untuk kita semua.

"Saya berharap anggota pramuka adalah bagian dari ekstrakulikuler di sekolah, kegiatan pramuka bisa membentuk jati diri, karena apa yang diajarkan di pramuka adalah bagian daripada budaya bangsa indonesia. Kegiatan pramuka ini selain membantu sekolah, orang tua dan diri kita sendiri kiranya dapat meningkatkan kualitas pembinaan diri kita sendiri," paparnya.

Dia melanjutkan, sisi keamanan serta sosial yang ditempat pada gerakan pramuka ini jelas membentuk karakter anak bangsa khususnya di Kabupaten Sekadau ini. Materi yang diajarkan hendaknya disesuaikan pada lingkungannya dan itu saya rasa perlu disampaikan pada anggota pramuka.

"Acara kita sangat meriah dan saya bangga sekali bisa berada ditengah-tengah generasi bangsa di Kecamatan Belitang Hilir, dan dalam hitungan tahun salah satu dari kita yang hadir disini akan menggantikan kami sekalu pembina yang nantinya pensiun, sekarang kita menyiapkan diri. Ingat hidup harus ada prinsip, kalau mau maju harus kita persiapkan dan orang tua hanya mendorong dengan dukungan moral," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014