Sintang (Antara Kalbar) - Nasib 423 honorer Kategori Dua (K-2) yang lulus tes CPNS K-2 tahun 2013 lalu hingga kini masih digantung. Pemkab Sintang beralasan belum ada surat keputusan dari Menteri PAN dan RB yang turun.

Plt Sekda Sintang, Yosepha Hasnah menyampaikan semua nama honorer K-2 yang lulus CPNS sudah diusulkan ke pemerintah pusat. “Sekarang tinggal tunggu Nomor Induk Pegawai (NIP) nya diturunkan pemerintah pusat. Mudah-mudahan tidak terlalu lama,” katanya.

Yosepha mengungkapkan persoalan adanya honorer K-2 bodong yang lulus CPNS sudah selesai. Dikatakannya, ada sekitar empat honorer K-2 bodong yang dibatalkan kelulusannya dalam tes CPNS kemarin karena dari administrasi tidak memenuhi syarat. “Sekarang sudah clear and clean ,” ungkapnya.

Ia mengaku juga bingung mengapa SK CPNS K-2 juga belum turun. Padahal Pemkab Sintang sudah menyiapkan anggaran untuk gaji para CPNS K-2 ini yang sudah ditampung dalam APBD 2014.

Dia mengatakan untuk honorer K-2 yang belum lulus CPNS 2013 kemarin juga belum ada kepastian nasibnya.
Dikatakannya, belum ada kebijakan baru untuk honorer K-2 yang tidak lulus tes CPNS ini. Namun demikian para tenaga honorer K-2 ini masih aktif bekerja di Pemkab Sintang. “Tidak ada yang mengundurkan diri dari pekerjaannya,” kata dia.

Yosepha menyampaikan pemerintah pusat memang sudah meminta dikumpulkan lagi persyaratan honorer K-2 yang belum lulus CPNS ini. Tapi hingga kini belum ada informasi seperti apa kebijakan pemerintah pusat ke depan. “Namun dengan UU ASN, dimungkinkan para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) untuk diangkat menjadi PNS,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 715 orang tenaga honorer K-2 Sintang mengikuti tes CPNS di tahun 2013. Sebanyak 423 honorer kategori 2 (K2) Sintang dari 715 orang yang mengikuti tes,  lulus menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Kelulusan itu tertuang dalam situs  resmi Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014