Sekadau (Antara Kalbar) - Bupati Sekadau Simon Petrus menerima piagam penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam menysun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2013 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah dari Menteri Keuangan Muhamad Chatib Basri di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Jumat (12/9).

Piagam penghargaan yang diterima oleh Bupati Sekadau bertepatan dengan acara Malam Apresiasi, seusai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2014 yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Boediono.

Penghargaan dari Menkeu RI berkat prestasi Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah memperoleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan tahun anggaran 2013 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Bupati Sekadau Simon Petrus menjadi salah satu dari 136 kepala daerah di Indonesia yang menerima piagam penghargaan dari Menkeu RI tersebut.

Pada acara itu, Menkeu RI M. Chatib Basri mengatakan piagam penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah karena berprestasi dalam penyelenggara pengelolaan keuangan negara.

Menurut dia, penghargaan itu berkat Opini WTP dari BPK RI. Tujuan lain, sebagai wujud motivasi dari Pemerintah Pusat kepada kepala daerah dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah bersifat transparansi dan akuntabel.

Menkeu mengajak seluruh kepala daerah di tanah air untuk terus menata kerja di pemerintahannya dengan lebih memfokuskan perbaikan di bidang keuangan.

Dia mengharapkan, Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2014 menjadi motivasi bagi kepala daerah lain agar bisa meraih Opini WTP di masa akan datang.

Di tempat yang sama usai menerima penghargaan, kepada wartawan Bupati Sekadau Simon Petrus mengatakan penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dari Menkeu RI merupakan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten sekadau dalam mengelola keuangan daerah yang transparansi dan akuntabilitas.

"Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Kabupaten Sekaday. Dua Tahun kami berturut-turut memperoleh penilaian WTP dari BPK RI. Saya berharap Opini WTP bisa dipertahankan pada LHP Keuangan tahun 2014," kata orang nomor satu di Bumi Lawang Kuwari yang sudah dua periode dipilih oleh masyarakat Sekadau ini,  yang kala itu juga didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sekadau Iwan F. Karantika.

"Saya berharap dengan Opini WTP 2 tahun berturut-turut ini kedepan, aparatur Pemkab Sekadau harus lebih profesional lagi dalam mengelola keuangan daerah," papar mantan asisten bidang pemerintah setda kabupaten Sekadau ini.

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014