Sanggau (Antara Kalbar) - Lomba sampan bidar yang digelar dalam rangkaian perayaan Paradje Pasaka Negeri Keraton Surya Negara Sanggau ke-VI menarik ribuan warga di pinggir ruas jalan Pangeran Mas, kawasan Kantu’ yang terletak di bantaran Sungai Kapuas, Sanggau.

Mereka berbondong-bondong datang dari berbagai penjuru kecamatan dengan menumpang motor air dan alat transportasi darat.

Untuk lomba sampan bidar, dari kelompok pria berlaga 34 tim, lantas wanita diperkuat rata-rata ibu-ibu sebanyak 12 tim. Setiap pelepasan peserta yang berlomba, selalu terdengar teriakan yang membahana dari warga sebagai penyemangat timnya yang sedang berlaga. Tak ayal, perairan Sungai Kapuas yang berada di depan Keraton Surya Negara Sanggau semarak dan penuh kemeriahan.

Sementara, sekretaris panitia penyelenggara Budi Darmawan mengaku salut dengan antusias warga yang datang menyaksikan maupun yang datang untuk berlaga. Hal itu bisa dijadikan motivasi bagi pelaksanaan kedepan. "Terus-terang kita salut, peserta ramai dan warga yang datang menonton pun sangat ramai sekali," tutur Budi yang juga Sekretaris MABM Sanggau ini.

Menurut dia, lomba dayung sampan ini merupakan salah satu olahraga yang bisa dikembangkan ke depan. Soalnya, mempunyai sejarah tersendiri bagi Kabupaten Sanggau yang secara geografis berada di tepi Sungai Kapuas.

"Selain itu juga tersirat makna, perlu sebuah kekompakan untuk meraih sebuah keberhasilan. Jadi bukan hanya semata olahraga nya saja, akan tetapi ada membawa pesan-pesan yang bermakna bagi kehidupan kita," papar Ketua KBP3 Sanggau ini.

Untuk itu kata pria yang akrab disapa Bang Budi ini, Keraton Surya Negara telah memikirkan untuk menggelar event lomba dayung ini yang lebih akbar dan bisa dijadikan agenda tahunan. "Walau belum final, Raja Sanggau beberapa elemen sempat membahas agenda lomba dayung ini, bagaimana jika digeber dalam cakupan yang lebih besar. Nah, untuk final nya nanti kita koordinasikan kembali dengan berbagai elemen yang ada," kata pria yang juga Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura (TPH) pada Distankanak Sanggau ini.

Ia juga mengimbau warga di Kabupaten Sanggau untuk datang dan jika perlu mengikuti berbagai ajang lomba yang di pertandingkan pada even tahunan yang digelar Keraton Surya Negara Sanggau itu.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014