Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Berli mengatakan, sampai saat ini daerah pesisir yang ada di kabupaten itu masih kekurangan tenaga medis untuk melayani kesehatan masyarakat.

"Secara keseluruhan saat ini jumlah tenaga medis di Kubu Raya masih belum mencukupi kebutuhan untuk melayani masyarakat di Kubu Raya.Khususnya di daerah pesisir Kubu Raya," katanya di Sungai Raya, Jumat.

Berli mengatakan, berdasarkan data di lapangan masih ada empat Puskedmas yang belum memiliki dokter umum termasuk dokter gigi. Selain itu, masih ada juga Puskesdes di Desa yang belum memiliki bidan.

"Ke depan akan kita upayakan secara bertahap semua Puskedmas yang belum terisi secara maksimal tenaga medis ini akan terpenuhi," tuturnya.

Kabupaten Kubu Raya terbagi menjadi kawasan daratan dan pesisir. Untuk wilayah daratan secara umum jumlah tenaga medisnya memang mencukupi, namun untuk wilayah pesisir atau perairan jumlah tenaga medisnya mulai dari dokter, perawat, bidan hingga tenaga pelaksana penyuluh lapangan lainnya memang masing kurang.

Sejumlah daerah yang saat ini kurang tenaga medis seperti di daerah Kubu dan Batu Ampar dan beberapa daerah pesisir lainnya.

Ditanya soal optimalisasi pelayanan bagi desa yang belum memiliki tenaga medis terutama dokter, menurut Berli, sementara waktu pihaknya secara rutin menjadwalkan tenaga medis dari desa terdekat untuk melakukan kunjungan dan memeriksa kondisi masyarakat di desa yang belum memiliki tenaga medis.

"Karena masih minim tenaga medis, terkadang di lapangan masih ditemukan masih ada satu bidan yang menangani dan melayani dua desa sekaligus," katanya. 

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014