Jakarta (Antara Kalbar) - TNI Angkatan Darat (AD) merombak sejumlah jabatan strategis perwira tinggi (Pati), yakni jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis dan Panglima Kodam melalui upacara serah terima yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Termasuk Pangdam  XII/Tanjungpura dari Mayjen TNI Ibrahim Saleh diganti, karena akan menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Posisinya digantikan Mayjen TNI Toto Rinanto Sujiman yang sebelumnya menjabat sebagai TA Pengajar Bidang Padnas Lemhanas.

Selain itu, pada acara serah terima di Madivif 1/Kostrad Cilodong, Depok, Jabar, Jumat, juga diserahterimakan jabatan dua asisten KSAD dan tiga Kepala Badan Pelaksana TNI AD.

Mayjen TNI Mulyono yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya, kini menjabat Pangkostrad. Sementara jabatan Pangdam Jaya dipegang oleh Mayjen TNI Agus Sutomo yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus.

Pangdam I/BB dari Mayjen TNI Istu Hari Subagio diserahterimakan Mayjen TNI Wiston Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Danpussenif. Istu kini menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo menempati jabatan baru menjadi TA Pengkaji Bidang Strategi Lemhanas. Posisinya digantikan Mayjen TNI Bayu Purwiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog KSAD.

Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Wisnu Bawatenaya menempati jabatan baru menjadi Koorsahli Panglima TNI. Mantan Danjen Kopassus tersebut digantikan oleh Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro yang sebelumnya menjabat sebagai TA Pengkaji Bidang Strategi Lemhanas.

Selanjutnya, Pangdam XVII/Cendrawasih dari Mayjen TNI Drs Christian Zebua MM menempati jabatan baru menjadi Staf Khusus KSAD. Posisinya digantikan Mayjen TNI Fransen G Siahaan yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdivif 1 Kostrad.

Untuk Pangdam XII/Tanjungpura dari Mayjen TNI Ibrahim Saleh menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Posisinya digantikan Mayjen TNI Toto Rinanto Sujiman yang sebelumnya menjabat sebagai TA Pengajar Bidang Padnas Lemhanas.

Di tempat yang sama, serah terima jabatan juga dilakukan pada jabatan Asops KSAD dari Brigjen TNI Hinsa Siburian kepada Brigjen TNI Johny L Tobing yang sebelumnya menjabat Dirdok Kodiklat TNI AD. Brigjen Hinsa Siburian, kini menjabat sebagai Danpussenif.

Aslog KSAD dari Mayjen TNI Bayu Purwiyono menempati jabatan baru menjadi Pangdam IV/DIP. Posisinya digantikan oleh Mayjen TNI Suratno (Han) yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Untuk Jabatan Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) TNI AD juga diserahterimakan. Dirbekangad dari Brigjen TNI Hadi Sutrisno menempati jabatan baru menjadi Staf Khusus KSAD. Posisinya semula digantikan oleh Kol. Cba. Drs. Pasenga Talilah yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bis Intelejen Luar Negeri BIN.

Dirkuad Brigjen TNI Teddy Hernayadi SE menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus KSAD. Posisinya semula diganti oleh Kol. Cku. Sasongko Hardono yang sebelumnya menjabat sebagai Paban VI/Lakgar Srenad.

Dirkumad dari Brigjen TNI Purwanti, menempati jabatan baru menjadi Oditur Jendral TNI. Posisinya semula digantikan oleh Kol. CHK Markoni, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Hukum Angkatan Darat.

Dalam upacara yang diikuti oleh 5.279 prajurit juga menampilkan ratusan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) dan beberapa atraksi lainnya. Selain acara pokok juga dilaksanakan rampak gendang, beladiri militer, terjun payung free fall yang diikuti 30 satuan batalyon Kostrad dan diakhiri dengan lepas sambut.

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014