Sekadau (Antara Kalbar) -  Pemerintah provinsi Kalbar sangat memperhatikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kalbar sendiri saat ini pada posisi 29 dari 34 Provinsi se-Indonesia, turun dari tahun 2013 yang sempat mencapai posisi 28 dari 33 Provinsi. Sementara Kabupaten Sekadau berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) berada di urutan 12 dari 14 Kabupaten/kota di Kalbar.

“Ini penting menjadi perhatian kita semua. Maka dari itu, diharapkan DPRD memperkuat kerjasama dengan jajaran SKPD di Pemkab Sekadau untuk memperbaiki IPM di Kalbar khususnya di Sekadau,” ucap Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya ketika bertandang ke Sekadau melantik legislator, Kamis  (29/9).

Dia melanjutkan, kendati urutan IPM Kabupaten Sekadau anjlok, namun secara substansial terjadi peningkatan indeks. Namun, karena daerah lain juga mengalami peningkatan, maka Kalbar dan Sekadau stagnan secara peringkat, tapi jika dihitung indeksnya terjadi peningkatan, hanya saja daerah lain juga meningkat lebih pesat, jadi peringkat Sekadau turun.

"DPRD Kabupaten Sekadau dan Pemkab Sekadau untuk lebih memperkuat kerjasama dan semakin jeli memanfaatkan SDA yang ada untuk mensejahterakan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat, lanjutnya, adalah tolok ukur keberhasilan pembangunan dan IPM di Daerah. Kemitraan antara eksekutif dan legislatif mesti terus dijaga demi meningkatkan IPM di Sekadau,” pesannya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014