Sanggau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau meresmikan dua unit PLTMH yang terletak di Dusun Karawang dan Sebude.

Bupati Sanggau Paolus Hadi berharap, dengan sudah terang benderangnya wilayah itu, hendaknya perangkat PLTMH itu dirawat dengan baik. "Sekarang sudah terang benderang. Nah, jangan lupa peralatan PLTMH ini dijaga, jangan sampai rusak," pinta Hadi.

Hadir dalam peresmian itu, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, unsur Forkompimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sanggau.

Bupati Sanggau dan rombongan datang mengendarai sepeda motor trail dan disambut meriah warga kedua desa tersebut. 

Untuk Dusun Karawang PLTMH yang dibangun berkekuatan 50 Kilo Watt (KW)  bersumber dari APBD Kabupaten Sanggau Tahun 2014 ditambah swadaya  masyarakat yang menerangi  dua dusun lainnya yaitu Tanjung Anti dan Totok Bui. Sumber air berasal dari Sungai Sakare  dan dinikmati oleh 210 kepala keluarga (KK).

Kemudian, untuk PLTMH Sebude berkekuatan 58 KWH dibangun dengan dana APBD Tahun 2014 ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 502 juta.

Sementara ketua pengelola PLTMH, Seden mengaku senang dan berterima kasih kepada pak Bupati Sanggau, karena telah memperhatikan desa mereka.

"Baru sekarang lah, kami merasakan merdeka dari kegelapan. Dan sekarang sedang dibangun ruas jalan dari Sebude menuju Batu Laut  ini membuktikan kalau Pak Bupati konsen terhadap pembangunan desa," tegas dia.

Senada disampaikan Kepala Desa Kuala Rosan Indra Putra, sekarang ini Dusun Kuala Rosan dan Batu Laut  juga telah dialiri PLTMH. "Listrik sekarang sudah siap. Kami juga sangat membutuhkan tenaga guru. Khususnya guru Sekolah Dasar (SD), bayangkan dengan siswa sebanyak 230 siswa, guru hanya tiga orang. Itupun cacat dan perempuan lagi. Lantas untuk SMP dengan jumlah siswa sebanyak 103 siswa gurunya hanya empat orang," papar dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014