Sintang (Antara Kalbar) - Pendistribusian Buku Kurikulum 2013 ke sekolah di tingkat SMA dan SMP sederajat banyak yang tidak lengkap dan pendistribusiannya juga belum sampai ke daerah-daerah kecamatan. Di tingkat SD, kondisinya lebih parah lagi. Buku Kurikulum 2013 untuk tingkat SD hingga kini belum ada kabar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Magdalena Ukis melalui pesan singkatnya mengatakan, sampai saat ini belum ada informasi Buku Kurikulum 2013 posisi dimana keberadaannya. Pihak penyedia sudah dihubungi tapi tidak ada jawaban yang jelas. Padahal dalam surat dari pihak penyedia buku dijadwalkan pendistribusiannya untuk jenjang SD dari tanggal 20-25 Oktober.

Akibat Buku Kurikulum 2013 belum datang, para guru di SD terpaksa masih harus memfotocopy Buku Kurikulum 2013.

Sebenarnya, tidak lancarnya pendistribusian Buku Kurikulum 2013 juga terjadi di tingkat SMP dan SMA. Di tingkat SMP, menurut Kasi Kurikulum Dikmenti Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Gisi bahwa baru beberapa sekolah yang sudah menerima Buku Kurikulum 2013. “Sebagian besar sekolah belum menerima buku tersebut terutama di daerah kecamatan. Sekolah-sekolah yang sudah menerima pun sebagian masih belum lengkap,” katanya.

Sementara itu di tingkat SMA nasibnya juga sama. Sejumlah SMA di kecamatan-kecamatan juga belum menerima Buku Kurikulum 2013. Salah satunya kecamatan terdekat dari Kota Sintang yaitu Kecamatan Binjai.

Seperti diungkapkan Kepala SMAN 1 Binjai, Tulus Santoso, Buku Kurikulum 2013 memang belum diterima sekolahnya. Namun kata pengirim buku tersebut sudah sampai di Sintang dan akan segera diantar ke sekolahnya. Menurut pengirim buku baru diantar bersamaan dengan sekolah lain yang sejalur.

“Kami masih menunggunya. Kalau dua tiga hari tidak datang maka kami akan mengambilnya ke Sintang,” katanya.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014