Sekadau (Antara Kalbar) - Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November, Kepolisian Resort Sekadau menggelar upacara yang dipusatkan di halaman SMA Karya Sekadau. Wakapolres Sekadau Kompol Yohanes Andis memimpin langsung upacara yang diikuti Kapolsek Sekadau Hilir, seluruh siswa dan dewan guru SMA Karya tersebut.

“Adik-adik pelajar bisa mengisi kemerdekaan dengan belajar sebaik mungkin dan menjadi generasi yang bisa memajukan negara ini. Sekarang kita berjuang tidak perlu angkat senjata, cukup dengan perbuatan yang berguna bagi bangsa,” ucap Yohanes Andis.

Apel yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut mengangkat tema “Iman dan Indonesia 100 persen”. Wakapolres dalam amanatnya mengatakan maksud dari tema itu yakni untuk menguatkan kesadaran warga negara akan jasa-jasa para pahlawan yang telah bersusah payah memperjuangkan kemerdekaan.

"Kita juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi warga negara yang baik dengan menaati aturan-aturan yang berlaku dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat demi menjaga keutuhan NKRI. Menjadi tugas kita bersama untuk menjaga keutuhan negeri ini. Jangan sampai ada perpecahan di masyarakat,” pesan Andis.

Tak hanya upacara, peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan serangkaian kegiatan lain seperti lomba puisi pahlawan, lomba melukis, dan lomba paduan suara. Semua rangkaian kegiatan terlaksana berkat kerjasama Polres Sekadau dengan SMA Karya.

“Kegiatan ini untuk menghidupkan suasana peringatan hari pahlawan. Semua rangkaian kegiatan dilaksanakan hari ini hasil kerjasama dengan Polres Sekadau,” tambah Kepala SMA Karya Sekadau, Sumardi.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014