Sintang (Antara Kalbar) – Bupati Sintang, Milton Crosby mengingatkan agar seluruh investor perkebunan kepala sawit di Kabupaten Sintang untuk membuktikan keseriusannya dalam berinvestasi, salah satunya dengan membangun pabrik kelapa sawit (PKS) untuk menghasilkan CPO.

“Adanya pabrik sawit ini akan menimbulkan banyak manfaat seperti penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan efektivitas perkebunan,” kata dia.

Milton menyampaikan sebagai kompensasinya pihaknya berjanji akan membantu perusahaan yang akan mengurus perijinan untuk membangun pabrik sawit di wilayah Kabupaten Sintang. Dikatakan Milton, setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit yang sudah memiliki luas lahas sekitar 7. 000 hektar ke atas pasti sudah produktif. “Sehingga saya dorong mereka untuk bangun pabrik,” ujarnya.

Dia menyampaikan beberapa persyaratan pembangunan PKS yakni daya dukung bahan baku yang cukup untuk pelaksanaan prosesnya. Ia menjelaskan bahan baku merupakan unsur pokok dalam sebuah produk yang akan dihasilkan. Semakin baik bahan baku maka semakin baik produk yang dihasilkan.

Menurutnya, pembangunan sebuah pabrik merupakan investasi yang padat modal dan memerlukan dana yang cukup besar sehingga analisa pembangunan sebuah pabrik juga harus mencakup analisa ketersediaan bahan baku.

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar yang dituangkan dalam Kalimantan Barat Dalam Angka 2013, lahan yang sudah digunakan untuk perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang yakni 62.663 hektar dengan potensi produksi kelapa sawit di Kabupaten Sintang pada tahun 2012 sebesar 62.663 ton.

Pewarta: Faiz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014