Sekadau (Antara Kalbar) - Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sekadau menunjukkan eksistensinya lewat aksi-aski sosial di bidang kesehatan. Dalam rangka memeriahkan HUT DWP Kabupaten Sekadau ke-15, organisasi para istri pegawai negeri sipil ini membuat gebrakan baru dengan menggelar aksi baksos.

"DWP sudah memprogramkan pembinaan di 7 Kecamatan. Selain pembinaan rutin, tahun ini DWP Sekadau membuat gebrakan baru dengan menggelar aksi sosial pemeriksaan dini kanker leher rahim (serviks) dan menggelar pembasmian sarang nyamuk di 7 kecamatan. Untuk memuluskan semua rencana ini, DWP akan menggelar doa bersama pada 30 November mendatang. Kegiatan pemeriksaan dini kanker serviks sudah kami mulai tanggal 24 November sampai dengan 28 November mendatang, ini dikhususkan pada perempuan umur 30 sampai dengan 50 tahun yang sudah melakukan kontak seks,” ujar Ketua DWP Kabupaten Sekadau, Ny. Maria Yohanes Jhon.

Berdasarkan jadwal kegiatan DWP, untuk wilayah Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu, pemeriksaan dini kanker serviks dipusatkan di Puskesmas Sekadau. Kemudian di Kecamatan Nanga Mahap dan Nanga Taman pemeriksaan dipusatkan di Puskesmas Nanga Taman. Untuk wilayah Kecamatan Belitang hilir dan Belitang, pemeriksaan dipusatkan di Puskesmas Sungai Ayak, dan terakhir di Kecamatan Belitang Hulu dupusatkan di Puskesmas Balai Sepuak.

“Kami mengapresiasi sambutan ibu-ibu yang sudah berpartisipasi memeriksakan diri masing-masing. Mudah-mudahan kegiatan yang kami inisiasi ini bermanfaat. DWP juga sudah menjadwalkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di 7 Kecamatan. Aksi ini dilaksanakan mengingat banyak korban yang terserang Demam Berdarah Dengue dan status KLB DBD untuk Kabupaten sekadau," lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris DWP Sekadau, Ny. Purkismawati Abdul Gani mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau dan BPJS. Mulai tanggal 7 Desember akan melakukan aksi pemberantasan sarang nyamuk dengan cara membagikan abate, dilanjutkan dengan kegiatan fogging serempak ditujuh Kecamatan. Pihak DWP Kabupaten Sekadau berharap Pemerintah Kecamatan, Desa dan masyarakat mendukung langkah yang dilakukan ini.

“Tujuan pemberantasan sarang nyamuk agar nyamuk penyebab DBD tidak mewabah. Kami harap aksi ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat dan sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat pentingnya gotong-royong, menjaga lingkungan yang bersih, dan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur),” tambah Purkismawati.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Bhakti Sosial DWP Kabupaten Sekadau tahun 2014, Veronika Markus Aron Aput mengatakan, bersamaan dengan HUT Kabupaten Sekadau ke-11, pihaknya sudah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, gula darah, usia sel tubuh, lemak tubuh pada tanggal 14 Desember mendatang.

"Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi UU RI, No.5 tentang ASN sekaligus asah keahlian merias wajah pada 15 Desember, dan menggelar gerak jalan Sehat pada 16 Desember. Kami undang masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini,” tutupnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014