Pontianak, (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai membangun kolam renang yang dilengkapi dengan fasilitas "outbond" dan taman buah-buahan di lahan seluas 55 hektare Jalan Ujung Pandang II, Ampera.

"Tahapan pengerjaan pembangunan kolam renang dengan fasilitas `outbond` targetkan bisa selesai satu tahun kedepannya," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan kawasan kolam renang yang mulai dibangun itu berdiri di atas lahan seluas 5,5 hektare, yang terdiri dari kolam utama dan kolam bagi anak-anak serta tribun.

Selain itu, kolam renang tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas "outbond" serta fasilitas lainnya, pohon buah-buahan sehingga selain berfungsi sebagai kolam renang juga menjadi kawasan wisata alam.

"Kami memilih lokasi di pinggiran kota karena biasanya sarana�olah raga atau kawasan wisata akan berdampak menimbulkan kemacetan. Selain itu kawasan dibangunnya kolam renang itu juga masih asri," ujar Sutarmidji.

Pembangunan kolam renang tersebut membutuhkan anggaran sebesar Rp24 miliar dari APBD.

"Saya berharap pada Hari Jadi Kota Pontianak tahun depan (2015) sudah bisa diresmikan," ujar Sutarmidji.

Ia menambahkan awalnya kolam renang tersebut rencananya dibangun "waterboom" namun rencana itu dibatalkan karena di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak Utara juga akan ada waterboom.

"Perlahan-lahan nanti kolam renang ini terus kami lengkapi fasilitas lainnya agar nanti lebih menarik masyarakat untuk datang ke berkunjung," katanya.

Kolam renang ini selain sebagai sarana fasilitas olah raga juga akan dikomersilkan untuk menambah pemasukan pendapatan asli daerah (PAD), namun untuk pengelolaannya akan dipikirkan ke depannya.

Saat ini, kata Sutarmidji beberapa kolam renang yang ada di Kota Pontianak masih bersifat sarana olah raga, dengan dibangunnya kolam renang dengan fasilitas "outbond" oleh Pemkot Pontianak setidaknya semakin melengkapi tempat-tempat wisata yang masih minim dimiliki kota ini.

"Outbond" adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbond games)� baik secara individu maupun perkelompok, kata Sutarmidji.



(U.A057/A013)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014