Sanggau (Antara Kalbar) - Tari Kondan Doleng Donado sukses tampil acara puncak Hari Juang Kartika Kodam XII Tanjung Pura di Pontianak beberapa hari lalu.

Tarian yang berartikan menimang anak ini diciptakan Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip M Si bersama isteri, Ny Arita Apolina Hadi S Pd M Si.

"Kita sangat bersyukur tarian Doleng Donado ini bisa dipertunjukkan bersama dengan drama teatrikal yang menceritakan sejarah perjuangan kemerdekaan Panglima Jenderal Sudirman," ujar Hadi.

Pementasan tarian Doleng Donado ini merupakan ide Kepala Staff Kodam XII Tanjung Pura Brigjen TNI Aris Martono Haryadi.

Sementara, Waaspers Kasdam XI Tanjung Pura Letkol Inf Julkifli mengungkapkan, tarian Doleng Donado ini rencana ke depan akan dijadikan tarian ciri khas dari prajurit Kodam XII Tanjungpura.

Namun, aransemen lirik dan lagunya akan dirubah dari aslinya.

Pada kesempatan itu, Paolus Hadi bersama Ny Arita Apolina Hadi juga menyanyikan lagu Do Leng Dona yang diikuti oleh tarian kondan oleh seluruh yang menghadiri kegiatan tersebut.

Tarian kondan Doleng Donado ini, sangat populer di Kabupaten Sanggau sejak di launching beberapa waktu lalu. Tiap kesempatan selalu dinyanyikan dan disertai dengan tariannya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014