Singkawang (Antara Kalbar) - Kota Singkawang terpilih sebagai salah satu kota yang peduli dan terbukti berhasil dalam tata kelola lingkungan hidup dalam ajang Indonesia Green Region Award (IGRA) tahun 2014 yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan KBR.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Hadi Daryanto, Sekjen Kehutanan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Wali Kota Singkawang, Senin di Jakarta.

Pemerintah daerah yang memperoleh IGRA ini sudah melalui seleksi yang melibatkan para ahli dari berbagai kalangan mulai dari akademisi, birokrat, aktivis lingkungan hidup dan pengusaha.

Kriteria penilaian yang mencakup dalam 10 aspek yang terkait dengan lingkungan hidup, diantaranya, mulai dari penataan ruang, penanganan persampahan, pengelolaan air limbah dan penanganan di sektor pertanian.

Wali Kota Singkawang Awang Ishak mengatakan, ini menjadi dorongan bagi dirinya sebagai pemangku kebijakan untuk membuat kebijakan yang pro lingkungan hidup.

Awang berharap, bukan hanya pemerintah yang pro lingkungan tetapi juga warga masyarakat Kota Singkawang dapat melaksanakan dan menjaga lingkungan sekitar, baik dengan cara penghijauan/ menanam pohon, sampai melaksanakan kebersihan lingkungan secara berkala. "Saya sudah perintahkan camat dan lurah untuk melaksanakan kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing bersama masyarakat. Dan ini sudah masuk dalam program APBD 2015," kata Awang.





Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014