Mempawah (Antara Kalbar) - Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong, kabupaten Mempawah, harus puas berada di peringkat ketiga di bawah Desa Kenyabur Baru, kecamatan Tempunak, kabupaten Sintang (juara II), dan Desa Pematang Tujuh, kabupaten Kubu Raya (juara I).

“Menang atau kalah dalam perlombaan ini bukanlah tujuan utama. Yang terpenting proses pembelajaran dalam ajang lomba ini dan komitmen dari semua pihak untuk bisa menjadi motivasi agar lebih meningkatkan performance desa melalui partisipasi perempuan dalam pembangunan di masa-masa yang akan datang,” kata Mustarudin, ketua tim penilai lomba P2WKSS Kalbar.

Mustarudin berharap penyelenggaraan lomba P2WKSS tahun 2015 dapat melibatkan lebih banyak lagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten/kota yang membina desa. Meski tidak berhasil menjadi pemenang lomba, Kepala Desa Parit Bugis Husin M. Nasir bersyukur karena melalui P2WKSS warganya mengalami banyak perubahan positif.

Husin meyakini mayoritas warga yang merupakan petani akan dapat sejahtera melalui profesi tersebut. Hal ini disebabkan banyaknya pengetahuan baru yang didapat warga terkait ilmu pertanian. “Petani selalu dikesankan sebagai orang miskin. Dengan pengetahuan yang didapat dalam program P2WKSS ini, kita bisa menjadi petani berdasi. Ini adalah modal awal untuk pengembangan di waktu yang akan datang,” ujarnya.

Senada Husin, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Parit Bugis Zubaidah Husin juga tidak kecewa atas kegagalan desanya dalam lomba P2KSS. Menurut dia yang terpenting program terpadu P2WKSS terbukti mampu meningkatkan semangat kaum wanita untuk memberdayakan diri. “Dengan program P2WKSS kita bisa meningkatkan taraf ekonomi melalui pembinaan terhadap sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada,” ucapnya.

Sebelumnya, yakni berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013, kabupaten Mempawah berhasil menjadi pemenang Lomba Terpadu P2WKSS tingkat provinsi melalui Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir dan Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 541/BPMPD/2014 tanggal 24 November 2014, urutan nama desa/kelurahan pemenang lomba pelaksana terbaik Program Terpadu P2WKSS Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2014 yakni :

 1).  Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

 2).  Desa Kenyabur Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

 3).  Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah.

 4).  Kelurahan Pal Lima, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak.

 5).  Desa Serindang, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas.

 6).  Desa Agak, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015