Sungai Raya (Antara Kalbar) - Petugas pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandara Supadio Pontianak memprediksikan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta angin kencang masih akan terjadi di Kalimantan Barat hingga tiga hari kedepan.

"Dari pantauan kita, hujan dengan intensitas sedang masih akan terjadi di beberapa kabupaten/kota di Kalbar seperti, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sambas, Kota Singkawang dan Ketapang. Sementara untuk daerah lainnya kemungkinan besar hujan dengan intensitas lebat, masih akan terjadi," kata prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Sutikno di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, selain hujan dengan intensitas lebat, angin kencang juga berpotensi terjadi dengan kecepatan 10 sampai 20 knot, khususnya untuk daerah Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sanggau, Landak dan beberapa kabupaten lainnya.

"Untuk itu kita harapkan masyarakat agar bisa waspada saat terjadi hujan lebat, karena angin kencang akan mengikuti hujan lebat tersebut," katanya.

Saat disinggung mengenai jadwal kedatangan Presiden Joko Widodo pada Selasa, pukul 08.00 WIB, Sutikno menjelaskan, dari pantauannya kemungkinan besar kondisi cuaca besok pagi di Supadio akan berawan.

"Kondisi cuaca besok pagi di sekitar bandara Supadio kemungkinan berawan, dan tidak hujan. Namun, itu hanya prediksi kita, karena cuaca di Kalbar yang sulit untuk dipastikan, dan curah hujan sangat tergantung pada kondisi angin yang membawa awan hujan tersebut," katanya.

Sutikno menambahkan, hujan yang terjadi di beberapa wilayah di Kalbar berpotensi terjadi pada sore, malam, hingga dini hari. Sementara itu pada pagi hingga siang hari, sebagian besar wilayah di Kalbar berawan.

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015