Sanggau (Antara Kalbar) - Musyawarah Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sanggau secara aklamasi memilih Sulaiman A Md sebagelai Ketua Dewan Pengurus Daerah periode 2015-2018.
    Menurut Sulaiman di Sanggau, langkah awal yang akan dilakukannya adalah menyusun formatur kepengurusan sebelum disahkan secara definitif oleh DPD KNPI Provinsi Kalbar.
    "Seluruh elemen kepengurusan yang ada itu akan kita rangkul. Andaipun ada perbedaan-perbedaan, hal itu wajar dalam proses demokrasi. Yang penting bagaimana langkah kita ke depan, untuk membangun KNPI Sanggau ini agar bisa maju dan berkembang, sehingga bisa sejajar dengan KNPI di wilayah lain," ungkap Sulaiman.     Pria yang akrab disapa Leman ini mengungkapkan niat untuk memimpin KNPI Kabupaten Sanggau ini tidak lain atas dukungan para senior dan organisasi kepemudaan. Ia melanjutkan, sebagai bagian dari elemen masyarakat, kaum muda penting membangun sinergi dengan berbagai elemen yang ada.
    "Nah, dengan potensi yang dimilikinya, para pemuda bisa menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan. Karena, pemuda dalam sejarah memiliki peran besar baik dalam kemerdekaan maupun mengisi kemerdekaan," ujar dia.
    Selain itu, Leman berharap pemuda Kabupaten Sanggau ke depan harus bersinergi dengan elemen seperti kalangan usaha dan dunia pendidikan.
    "Jangan lupa sesama pemuda sendiri harus saling bersinergi. Lalu dengan berbagai elemen yang ada," kata dia.
    Bahkan Leman pun berpandangan ke depan para pemuda di Kabupaten Sanggau harus mandiri terutama dalam menjalankan berbagai program. "Harapan kita pemudadapat lebih berdaya dalam memposisikan mereka sebagai ujung tombak untuk menjalankan program KNPI dan kepemudaan secara umum. Semua elemen pemuda Kabupaten Sanggau harus lebih mengoptimalkan perannya, sehingga pemuda lebih terasa di masyarakat," paparnya.
    Musda DPD KNPI Kabupaten Sanggau ini dibuka oleh staf ahli Bupati Sanggau bidang kemasyarakatan dan SDM, H Zawawi, S Sos.
    Menurut Zawawi pemuda mempunyai peranan yang besar dalam pembangunan nasional dan pembangunan di daerah. "Untuk itu para pemuda yang terhimpun dalam wadah KNPI ini hendaknya bisa menjadi pionir untuk menggerakkan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah," ungkap Zawawi.
    Wadah kepemudaan tambah Zawawi, ikut andil dalam menyiapkan kader kepemimpinan nasional dan di daerah. "Kita boleh salut dan bangga, telah muncul kader yang kepemimpinan yang handal yang berasal dari organisasi kepemudaan. Mulai dulu banyak mewarnai di kancah politik nasional dan di pemerintahan pusat maupundaerah, ada yang jadi menteri maupun sebagai anggota legislatif bahkan kepala daerah," bebernya.
    Sementara, Kasiono perwakilan KNPI Provinsi Kalbar berharap KNPI harus visioner dalam berkehidupan untuk maju kedepan.
    "KNPI mesti dapat sebagai pelindung dan pembina terhadap organisasi kepemudaan yang berada di bawah naungannya," ungkap Kasiono.
    Ketua KNPI Sanggau periode sebelumnya, Akhmad Zuhri menegaskan, salah satu syarat menjadi calon ketua KNPI harus siap dan rela berkorban waktu, tenaga, fikiran maupun dana.
    Selain itu, mampu bertahan terhadap goncangan demi mewujudkan KNPI yang lebih baik lagi. Ketua panitia pelaksana, Zainuri SH menuturkan, Musda KNPI itu digelar sebagai pergantian kepengurusan sekaligus penyegaran pelaksanaan program-program KNPI periode selanjutnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015