Sungai Raya  (Antara Kalbar) - Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak, Sutikno memprediksikan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi pada saat perayaan Imlek tahun ini.

"Dari pantauan kita, hingga satu pekan ke depan, beberapa wilayah di Kalbar akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Ini akan terjadi mulai tanggal 16 Februari kemarin hingga tanggal 22 Februari nanti," kata Sutikno di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, dari pantauan suhu permukaan air laut di sekitar perairan wilayah Kalbar cukup hangat, dimana suhu permukaan air laut berkisar 29 sampai 31 derajat Celsius. Sedangkan kecepatan angin sekitar 10 sampai 30 kilometer per jam dan bertiup dari arah Barat Daya menuju Utara.

"Untuk tanggal 16 sampai 19 Februari, potensi umumnya Kalbar berpotensi hujan ringan yang akan terjadi di daerah kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Melawi dan Kayong Utara. Dimana hujan akan berpotensi terjadi pada siang sampai malam hari," katanya.

Sementara untuk tanggal 20 hingga 22 Februari, Kalimantan Barat pada umumnya berpotensi berawan hingga hujan ringan dan terjadi di kabupaten Mempawah, Melawi, Sintang, Kubu Raya dan Kota Pontianak, dimana potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari.

Terkait hal tersebut, BMKG Supadio Pontianak mengeluarkan peringatan dini akan waspada hujan yang terjadi karena berpotensi disertai angin kencang dan guntur.

(U.KR-RDO/B/N005/N005) 17-02-2015 17:38:25

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015