Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 250 peserta dan pendamping dari jenjang pendidikan SD dan SMP se-Kabupaten Kubu Raya Kalbar siap mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015, tingkat SD dan SMP se kabupaten tersebut.

"Kegiatan OSN yang dimulai sejak tahun 2003 merupakan salah satu wahana bagi peserta didik guna menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat sekaligus meningkatkan kemampuan dalam bidang Matematika dan IPA, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan atau mutu sumber daya manusia Indonesia," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, saat membuka kegiatan OSN Kubu Raya di Sungai Raya, Senin.

Sebanyak 250 peserta tersebut merupakan peserta lomba, para pendamping, guru, juri, serta panitia daerah yang dipercayakan mewakili setiap sekolah dari jenjang pendidikan SD dan SMP untuk mengikuti kompetisi pendidikan itu di tingkat kabupaten.

Nantinya, setiap peserta yang menjadi pemenang, akan mewakili Kubu Raya mengikuti kegiatan serupa di tingkat provinsi.

Adapun tujuan diselenggarakannya OSN ini adalah memetakan kemampuan peserta didik dalam bidang matematika dan IPA sesuai standar mutu pendidikan secara nasional. Selain itu, kegiatan OSN itu juga diharapkan dapat mengidentifikasi para peserta didik berprestasi di setiap kecamatan dalam bidang matematika dan IPA dan menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sebagai bekal dalam kehidupan.

Tujuan lainnya yakni membangkitkan minat peserta didik untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap bidang Matematika dan IPA, menanamkan sifat kompetitif yang sehat sejak dini dan menanamkan kesadaran dan keberanian mencobo, belajar menerapkan secara langsung dan sekaligus bisa berprestasi secara optimal.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan minat peserta didik terhadap bidang Matematika dan IPA serta terpilihnya peserta didik yang mampu berprestasi pada perlombaan di tingkat provinsi, nasional maupun internasional" tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Rusman Ali juga menjanjikan Reward bagi siswa berprestasi dan pendamping/pembimbing. Menurutnya, dengan penghargaan itu, diharapkan dapat menjadi pemicu dalam meningkatkan partisipasi pelajar di Kubu Raya khususnya di bidang pendidikan.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015