Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang mengundang 14 duta besar dan empat menteri untuk menghadiri Festival Cap Go Meh pada 5 Maret mendatang.

Ke-14 duta besar itu antara lain dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Finlandia, Jepang, Korsel, Selandia Baru, Rusia, Brazil, Belanda, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Sedangkan menteri yang diundang yakni Menteri Pariwisata RI, Menteri Luar Negeri RI, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar RI, dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI beserta Wakil Kepala Staf Kepresidenan RI.

Selain itu, seluruh kepala daerah di Kalbar juga diundang, kata Sekda Singkawang Syech Bandar.
 
Ia melanjutkan, sebenarnya yang mengundang Dubes dan Menteri RI ini adalah Gubernur Kalbar. "Tapi, dalam hal ini Singkawang juga turut mengundang," kata dia.

Bandar memastikan pada hari "H" Festival Cap Go Meh nanti, diyakini bakal meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan yang tak kalah penting lagi, sambungnya, akan ada acara tambahan, yaitu sebanyak 20 tatung pilihan akan diarak ke Singkawang Grand Mall untuk berfoto ria dengan para Dubes dan petinggi Negara. "Kita pilih tatung yang bagus, yang menggunakan baju-baju kerajaan atau baju perang untuk berfoto bersama dengan para Dubes dan petinggi Negara," pungkasnya.

Sementara Dirut Operasional Singkawang Grand Mall Singkawang, Handoyo menyatakan siap menyambut kedatangan peserta pawai lampion dan tatung. "Kita dari SGM siap, dan sudah ada tempat khusus yakni di lantai satu," kata dia.

Selain menyiapkan tempat, pihaknya juga akan menyediakan snack, minuman dan makanan. "Soal desainnya seperti apa, tergantung panitia," kata dia.

Menurut Handoyo, kesiapan itu merupakan dukungan pihaknya terhadap Kota Singkawang. "Karena kita bicara bukan hanya SGM saja, tetapi Singkawang. Kalau Singkawang maju, tentunya SGM juga bakal ikut maju," pungkas dia.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015