Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Sebanyak 26 kepala sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan 17 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Melawi, dilantik dan diambil sumpah janji jabatan oleh Wakil Bupati Melawi, Panji, di aula Pendopo Bupati, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Panji berharap kepada para kepala sekolah dan pejabat struktural yang dilantik bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Sehingga apa yang menjadi harapan bersama bisa terwujud.

"Bapak ibu sekalian, menduduki posisi yang baru, ada di lingkungan yang baru dan pada jabatan baru, sebagai pemimpin kita dituntut untuk membentuk lingkungan, supaya kerja kita bisa menjadi lebih nyaman," kata Panji.

Panji menambahkan, pegawai negeri yang kini telah menduduki posisi baru, bukan hanya dituntut untuk sukses dalam membina bawahannya, namun juga harus sukses mengurus administrasi, dan membentuk karakter.

"Kendati demikian, pemindahan jabatan atau kenaikan dalam pemerintahan sudah menjadi hal yang biasa, kita harus siap menjalankan tugas dimanapun, kita jadikan itu sebagai pengalaman agar ke depan menjadi lebih baik," katanya.

Panji menuturkan, sebagai seorang pejabat atau atasan, seseorang tidak boleh egois dalam mengambil keputusan. Semua harus dilakukan secara bersama. Sebab bagaimanapun seseorang membutuhkan teman untuk mencapai suatu keinginan.

"Bangunlah komunikasi yang baik sehingga tercipta hubungan kekeluargaan, jangan sampai berpecah belah, jangan merasa diri paling bisa, sebab tidak mungkin kita bisa bekerja sendiri, kita ini membutuhkan teman untuk bisa bekerja," katanya.

Khusus kepada kepala sekolah, Panji juga menyampaikan banyak terima kasih, peran serta mereka dalam membangun pendidikan di Melawi sangat besar. Karena pada umumnya, guru ataupun kepala sekolah mempunyai peran ganda, baik dalam pendidikan maupun di masyarakat.

"Kepala sekolah biasanya ini selain membina siswa dan guru juga ditokohkan di masyarakat, jadi mereka sangat mempunyai peran. Nah kedua tugas ini juga harus bisa dijalankan dengan baik, supaya yang dicita-citakan bisa tercapai pula," katanya. (Ekos/N005)

Pewarta: Eko S

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015