Pontianak (Antara Kalbar) - Kabupaten Kubu Raya kembali mendapat Taman Bacaan yang dibangun Polda Kalimantan Barat, setelah sebelumnya diresmikan di Batu Ampar.

Kini giliran Kecamatan Kuala Mandor B yang menjadi sasaran pembinaan Polda Kalimantan Barat dalam mengupayakan peningkatan minat baca masyarakat.

"Hari ini, kita kembali meresmikan taman bacaan yang dibangun oleh Polda Kalbar di Kecamatan Kuala Mandor B ini dan saya berharap, agar semua masyarakat ikut menjaga dan memeliharanya, sehingga benar-benar membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan pengetahuan masyarakat di daerah ini, baik orang tua, anak-anak muda terutama anak-anak usia belajar. Saya berharap dengan keberadaan taman bacaan ini, juga dapat meningkatkan minat baca masyarakat di sini," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat peresmian Taman Bacaan Kemala Cinta Indonesia di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Selasa.

Tujuan dari didirikannya taman bacaan tersebut lanjut dia karena Polda Kalbar ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan kemampuan membaca anak-anak.

"Kami berharap bersama Polda Kalbar, agar keberadaan taman bacaan ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi kegiatan belajar anak-anak kita. Sebagai generasi emas Kubu Raya, mereka harus meningkatkan prestasi, kreativitas, inovasi dan gagasan-gagasan inovatif bagi pembangunan dan kemajuan Kubu Raya," tuturnya.

Dia menjelaskan, Kecamatan Kuala Mandor B, memiliki karakteristik tersendiri. Kecamatanan itu merupakan daerah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten secara langsung, yakni kabupaten Landak dan Mempawah.

"Sebagai kecamatan yang tidak jauh dari pusat kota, Kuala Mandor B tentu memiliki tantangan tersendiri terhadap pengaruh dan pergaulan bebas. Makanya, yang harus kita lakukan sekarang adalah menjaga dan membentengi anak-anak kita dari pengaruh-pengaruh negatif pergaulan negatif," katanya.

Terkait hal tersebut, Rusman Ali mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan oleh Polda Kalbar dalam meningkatkan pelayanan di kecamatan itu, lewat pembangunan taman bacaan tersebut.

"Saya selaku Bupati Kubu Raya, mendukung penuh upaya-upaya dari Kepolisian Kalimantan Barat melalui anggotanya yang bertugas disini untuk ikut serta menjaga dan memelihara keamanan, ketertiban. Tidak hanya bagi masyarakat, tetapi juga keamanan dan ketertiban bagi sumberdaya alam dan kekayaan negara yang ada di sini, saya mengharapkan agar keberadaan taman bacaan ini, sungguh-sungguh membawa dampak yang baik bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Kuala Mandor B," kata Rusman Ali. 

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015