Sungai Raya, Kalbar, 27/3 (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Muhammad Yunus mengatakan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional di kabupaten itu sudah mencapai 95 persen.

"Belum lama ini kita telah melakukan sosialisasi kepada seluruh SMA dan SMK yang ada di Kubu Raya untuk persiapan pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2015, yang akan dilaksanakan 13 sampai 15 April mendatang. Saat ini, persiapan pelaksanaan UN kita sudah mencapai 95 persen," kata Yunus di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, pada tahun ini terdapat perubahan SOP dalam pelaksanaan UN. Jika tahun lalu standar nilai ditetapkan secara Nasional. namun pada tahun ini akan ditetapkan oleh sekolah masing-masing, sehingga antara satu sekolah dengan sekolah lainnya akan ada perbedaan untuk standar kelulusannya.

Meski standar kelulusan pada tahun ini ditetapkan oleh sekolah, namun dia mengimbau seluruh orang tua agar tetap mengawasi anak-anaknya. Karena standar kelulusan tersebut menjadi patokan nilai untuk masuk ke perguruan tinggi dan menjadi tolak ukur bagi Pemkab Kubu Raya untuk peringkat UN.

"Jika tahun lalu kita berada di peringkat ke enam, diharapkan pada tahun ini bisa meningkat dan target kita masuk tiga besar se-Kalbar," tuturnya.

Yunus menambahkan, untuk tahun ini jumlah peserta UN SMA/SMK yang ada di Kubu Raya mencapai 1980 peserta. Namun jumlah tersebut akan bertambah dengan adanya jumlah peserta UN dari Madrasah Aliyah yang sampai saat ini datanya masih belum diterima oleh Dinas Pendidikan Kubu Raya.

"Jika datanya sudah masuk, baru kita akan tahu jumlah pastinya berapa. Karena sampai saat ini kita juga masih menunggu data dari MA," kata Yunus.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, Nuswantari mengatakan menjelang pelaksanaan UN tahun ini pihaknya tetap mempersiapkan siswa untuk menghadapi UN tersebut. Selain memberikan jam tambahan kepada siswa pada malam hari, pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar untuk memberikan Tryout kepada siswa kelas XII yang akan menghadapi UN.

"Jadi walaupun hasil UN ditentukan oleh sekolah, namun kita tetap memberikan persiapan yang matang untuk siswa karena nilai UN itu akan digunakan untuk mereka masuk ke perguruan tinggi," katanya.***4***



(U.KR-RDO/B/N005/N005) 27-03-2015 16:25:39

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015