Pontianak (Antara Kalbar) - Di tengah kesibukannya selaku Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assovie menyempatkan diri untuk menempuh pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta.

Dalam disertasinya, ia mengangkat judul Pendidikan Politik Masyarakat Perbatasan (Studi Khusus di Kalbar). "Perbatasan Negara dalam banyak hal ditentukan oleh proses historis, politik, hukum nasional, dan internasional. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku aspek kehidupan masyarakat di wilayah perbatasan territorial, makanya saya sengaja mengangkat judul itu untuk menjabarkan bagaimana pendidikan politik pada masyarakat perbatasan," kata M Zeet di Pontianak, Minggu.

Dia menjelaskan, aspek kultur, etnis, hukum, politik, ekonomi, infrastruktur, geografi, demografi, sosial, kebangsaan, kekeluargaan, loyalitas, pertahanan, keamanan, dan kesehatan menjadi poin dari disertasi yang diangkatnya. Faktor pengaruh tersebut, sering terjadi celah yang sangat tajam, sehingga mengakibatkan tumbuhnya pergeseran perilaku pada masyarakat perbatasan yang menyebabkan menguat atau menurunnya rasa kebangsaan.

Dalam ujian terbuka beberapa waktu lalu, M. Zeet menyatakan penelitian yang dilakukannya dengan subfokus latar profil daerah perbatasan, komitmen rasa kebangsaan masyarakat perbatasan, dan pendekatan poleksosbudhankam masyarakat perbatasan di Kalbar.

"Sebagai alumni dari Ikatan Pascasarjana UNJ, saya siap untuk mengembangkan jaringan alumni di Kalbar. Ikatan alumni harus berkembang jauh lebih baik lagi, dengan bersama-sama, bahu membahu antara satu dengan yang lain, mensukseskan pembangunan di daerah tempatnya bekerja masing-masing, karena dengan kesuksesan yang akan di raih para alumni, maka target untuk meningkatkan para Wisuda pada tahun-tahun berikutnya akan dapat tercapai," katanya.

Berbekal pengalaman di daerah perbatasan, M Zeet berhasil mempertahankan disertasinya dan meraih gelar Doktor beberapa waktu lalu. Intinya, perbatasan suatu negara mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan, pemanfaatan sumber daya alam, menjaga keamanan dan keutuhan wilayah.



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015