Sintang (Antara Kalbar) - Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan bagi calon aparatur sipil negara saat penting guna menghasilkan aparatur yang berkarakter jujur, disiplin dan berakhlak mulia, kata Bupati Sintang, Milton Crosby.

"Diklat prajabatan ini merupakan syarat mutlak yang harus ditempuh oleh peserta selaku CASN. Para peserta harus memiliki rasa kerendahan hati untuk selalu bisa mensyukuri karena sudah bisa mengikuti diklat prajabatan ini," katanya saat membuka Diklat Prajabatan bagi calon aparatur sipil negara golongan II di Gedung Diklat BKD, di Sintang.

Menurutnya, pelaksanaan diklat prajabatan ini sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Prajabatan CASN golongan 1 dan 2, yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat prajabatan ASN.
"Saya selalu mengingatkan agar menjadi ASN profesional dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat, melalui pembentukan karakter yg didasarkan pada nilai-nilai dasar profesi ASN," tutur Milton.
 
Menurut dia, ada nilai-nilai dasar profesi ASN yang dikenal dengan istilah ANEKA yang berarti akuntabilitas ASN, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi.
 
Pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi CASN Tahun 2015, diikuti 61 orang CASN golongan II yang dibagi  dalam dua angkatan. Angkatan pertama diikuti oleh 31 orang dan angkatan kedua diikuti oleh 30 orang.
 
Diklat prajabatan adalah syarat bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat PNS.

Salah satu jenis diklat adalah diklat prajabatan (golongan I, II atau III) yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS sesuai golongan tersebut di atas.
 
Diklat prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.  (Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015