Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Melawi ke VI yang akan diselenggarakan di Kecamatan Ella Hilir pada tahun ini ternyata belum diikuti dengan pembangunan fasilitas pendukung.

Hingga April ini, belum ada kepastian kapan akan dimulainya pembangunan infrastruktur seperti jalan dan tribun di Ella.

Camat Ella Hilir, BM Noh yang dijumpai usai menghadiri sosialisasi dana desa di Pendopo Bupati Melawi mengungkapkan sampai saat ini belum ada persiapan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung MTQ di wilayahnya.

"Jadi kemarin kan memang Dinas PU belum menyediakan anggaran untuk pembangunan fisik MTQ. Jadi kata Kadis PU menunggu penyempurnaan APBD. Maka sampai sekarang belum ada kegiatan terkait sarana MTQ," katanya.

Noh sendiri mengatakan sudah mengecek ke Dinas PU dan DPPKAD terkait dengan anggaran untuk pembangunan sarana MTQ. Namun ternyata memang belum jelas, soal anggaran tersebut.

"PU sendiri minggu lalu sudah memberikan gambar bangunan tribun dan astaka termasuk jalan masuk keluar. Hanya di lapangan belum direalisasikan di lapangan," katanya.

Dinas PU, kata Noh, memang sudah memerintahkan untuk terlebih dahulu melaksanakan pekerjaan dengan melibatkan pihak perusahaan setempat. Namun, karena dana belum jelas, dirinya pun tak berani memerintahkan.

"Belum ada anggaran, saya sudah cek ke DPKKAD belum ada. Belum ada 'action' terkait pembangunan MTQ. Gambar sudah ada, RAB-nya ini yang belum ada. Yang mau kerja pun sudah banyak yang datang ke saya. Hanya saya kan tidak berani," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua LPTQ Melawi, Hinduansyah menerangkan, pihaknya hanya bertanggung jawab pada soal penyelenggaraan saja. Dan dari sisi penyelenggara sudah tidak ada masalah.

"Kami siap. Tinggal tempatnya saja yang sekarang ditangani camat. Tapi mudah-mudahan, walau ada kendala-kendala dari dinas, tetap pasti akan terlaksana. Tergantung pekerjaannya, mungkin sedikit tertunda saja," katanya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Melawi, John Murkanto yang dijumpai di gedung DPRD Melawi, menjelaskan memang anggaran untuk pembangunan fisik MTQ di Ella dimasukkan dalam APBD Perubahan.

"Rencananya ada sejumlah pekerjaan yang kita pending kegiatannya dan kemudian ini dialihkan ke MTQ," katanya.

John menerangkan, dirinya memang meminta agar camat Ella Hilir bisa menangani persoalan teknis pekerjaan fisik di arena MTQ di kota Ella. Apalagi ia sudah beberapa kali bertemu dengan camat di lapangan.

"Tapi kalau memang tidak bisa melaksanakannya, nanti akan kita ambil alih. Jadi PU yang akan turun langsung menangani," kata dia. (Ekos/N005)

Pewarta: Eko S

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015