Ngabang (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak menggelar Gebyar Hari Kartini yang dirangkaikan dengan peringatan hari jadi ke-11 Kantor Kemenag Landak.
Sejumlah perlombaan digelar dalam memperingati dua hari bersejarah tersebut yang dimulai Kamis.
Perlombaan itu meliputi, lomba masak nasi goreng yang diikuti bapak-bapak, festival busana Kartini untuk anak-anak dan jalan santai berhadiah. Semua perlombaan diikuti oleh keluarga besar Kantor Kemenag Landak.

Kepala Kantor Kemenag Landak Hj Isriyah mengatakan, digelarnya kegiatan tersebut dalam rangka mengenang kembali perjuangan dari RA Kartini terkait emansipasi wanita di zamannya.

"RA Kartini telah memberikan pencerahan bagi kaum perempuan untuk memperoleh kedudukan yang seimbang dalam kehidupan ini," ujar Isriyah.

Dikatakannya, untuk perlombaan masak nasi goreng yang diikuti para kaum bapak bukan hanya sekedar perlombaan saja. "Perlombaan ini tentu mempunyai makna tersendiri. Hal ini kita laksanakan supaya kaum bapak biar mengetahui bagaimana peran ibu dalam mempersiapkan segala sesuatunya di rumah tangga," katanya.

Dengan demikian, katanya lagi, kaum bapak bisa merasakan bagaimana susahnya peran seorang ibu didalam rumah tangga.

"Mudah-mudahan saja semua perlombaan yang kita laksanakan ini bisa membawa dampak yang positif bagi keluarga besar Kantor Kemenag Landak," harap mantan Kepala Kantor Kemenag Kubu Raya ini.

Ditanya berapa jumlah kaum wanita yang menjadi pegawai di Kantor Kemenag Landak, ia mengakui untuk saat ini lebih banyak kaum pria ketimbang kaum wanita yang menjadi karyawan di Kantor Kemenag Landak ini.

"Demikian juga dengan jabatan yang strategis di Kantor Kemenag Landak ini lebih didominasi kaum pria. Tapi untuk ke depan kaum wanita akan terus berkompetisi guna menduduki jabatan strategis dilingkungan Kantor Kemenag Landak ini," ucap Isriyah penuh optimistis.


Pewarta: Kundori

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015