Pontianak (Antara Kalbar) - Universitas Tanjungpura Pontianak pada periode kedua tahun 2015 kembali meluluskan sebanyak 1.057 sarjana baru untuk program S1 dan S2.

"Saya mengharapkan agar lulusan Untan bisa siap mengabdikan dirinya kepada masyarakat dan mampu bersaing di dalam mendapatkan dunia kerja," kata Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN), Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA, usai proses wisuda di Pontianak, Kamis.

Dia mengatakan, sebagai lembaga pendidikan Tinggi, Untan telah melakukan berbagai terobosan untuk mempersiapkan mahasiswanya dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan.

"Tinggal bagaimana mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama dibangku kuliah dan bisa berperan dalam pembangunan dan masyarakat," tuturnya.

Thamrin menjelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya telah meluncurkan sejumlah aplikasi online yang diperuntukkan kepada dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan jaminan layanan bermutu di bagi civitas akademika Untan. Dia menuturkan, dengan sistem digitalisasi, penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan semakin cepat, tepat dan hemat.

"Dengan berbagai aplikasi online dan website publikasi harus dapat dimaksimalkan pemanfaatannya agar pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Ini merupakan salah satu upaya Untan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan," katanya.

Pada proses wisuda periode ini, sebanyak 1.057 sarjana mengikuti proses wisuda dimana dari jumlah tersebut terdiri atas, lulusan Program Diploma (D3) sebanyak 7 lulusan, kemudian lulusan Program Sarjana (S1) sejumlah 933 lulusan. Sedangkan untuk lulusan Program Magister (S2) di lingkungan Untan sebanyak 117 lulusan.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015