Sintang (Antara Kalbar) - Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional ke 107, Pemerintah Kabupaten Sintang akan menyelenggarakan upacara resmi pada Rabu, 20 Mei pukul 08.00 WIB di Lapangan Sepak Bola Depan Makodim Sintang.

"Peringatan ini menjadi momentum untuk mengingat kembali memori sejarah pergerakan kebangsaan kita yang digagas oleh Budi Utomo 20 Mei 1908 silam sekaligus menerapkan nilai-nilai kebangkitan nasional untuk kepentingan kita sekarang dan ke depan," kata Kurniawan S Sos M.Si, Kabag Humas Pemda Sintang yang juga sebagai Sekretaris Panitia Penyelenggara.

Dia mengatakan, tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 adalah "Melalui Kebangkitan Nasional, Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indoensia Maju Dan Sejahtera."

Melalui tema tersebut, kebangkitan nasional harus menjadi inspirasi untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan berbangsa dan bernegara kita, katanya.

Penyelenggaraan upacara resmi hari Kebangkitan Nasional ke-107, mengikuti aturan yang berlaku meliputi acara persiapan, acara pendahuluan, acara pokok dan acara penutup.

Dalam acara pokok, meliputi kegiatan mengheningkan cipta dan amanat Inspektur Upacara yaitu pidato dari Menteri Komunikasi Dan Informasi yang dibacakan Bupati Sintang, ujarnya.

Menurut Kurniawan, peserta upacara hari Kebangkitan Nasional ke-107 dibagi dalam kesatuan-kesatuan upacara terdiri dari TNI dan Polri, PNS, mahasiswa, organisasi kepemudaan yang berhimpun di KNPI, pelajar dan unsur pramuka yang diperkirakan berjumlah 1.500 peserta dengan pakaian menyesuaikan  seragam masing-masing yang tertera dalam undangan.

Dalam upacara juga akan diselinggi lagu-lagu perjuangan untuk membangkitkan semangat nasionalisme peserta upacara, katanya.

Agar upacara ini berjalan lancar dan hidmat, akan dilakukan gladi bersih Selasa, 19 Mei, pukul 08.00 wib, dimana seluruh petugas upacara akan melakukan persiapan akhir sesuai tugas masing-masing, katanya.

"Atas nama panitia, diimbau kepada seluruh pihak yang kami undang agar dapat hadir tepat waktu pada upacara hari Kebangkitan Nasional ke-107 ini," kata Kurniawan.   (Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015