Pontianak (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyatakan stok sembako atau berbagai kebutuhan pokok di kota itu, menjelang bulan Ramadhan cukup, sehingga masyarakat tidak perlu membelinya dalam jumlah banyak.

Masyarakat kami imbau, tidak perlu panik menjelang bulan Ramadhan. Kalau sampai panik, yakni dengan membeli berbagai kebutuhan pokok dalam jumlah banyak, malah hanya akan memicu naiknya berbagai harga kebutuhan pokok tersebut," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Pontianak sudah melakukan rapat koordinasi terkait dalam menghadapi atau menyambut bulan Ramadhan, terutama untuk memastikan bahwa stok berbagai kebutuhan pokok cukup.

"Kami berharap, para pedagang tidak semaunya menaikkan harga berbagai kebutuhan pokok menjelang atau sepanjang Bulan Ramadhan. Kalau para pedagang terbukti melakukan penyimpanan dengan maksud agar harga naik, maka akan diberikan sanksi," ujar Sutarmidji.

Dari pantauan di lapangan harga berbagai kebutuhan pokok di Pasar Flamboyan Pontianak relatif masih stabil, diantaranya harga bawang merah Rp36 ribu/kilogram, bawang putih Rp18 ribu/kilogram, bawang bombay Rp12 ribu/kilogram, kol Rp9 ribu/kilogram, wortel Rp12 ribu/kilogram, dan telur ayam ras mulai dari Rp1.000 /butir hingga Rp1.200 /butir atau tergantung ukuran dari telur itu.

 Ahua salah seorang pedagang Pasar Flamboyan Pontianak menyatakan hingga saat ini berbagai kebutuhan pokok masih relatif stabil.

"Mudah-mudahan harga berbagai kebutuhan pokok tidak terlalu tinggi naiknya. Kalaupun naik yang wajar-wajar saja sehingga tidak memberatkan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, kalau harga berbagai kebutuhan pokok mengalami kenaikan, yang diberatkan tidak hanya masyarakat karena daya belinya menurun. "Kami sebagai pedagang juga mengalami dampaknya, karena daya beli masyarakat turun, sehingga pendapatan juga menurun," ujarnya.

***4***



(U.A057/Y008) 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015