Sintang (Antara Kalbar) - Operator radio Single Side Band (SSB) di tingkat kecamatan se-Kabupaten Sintang mendapat pembekalan teknis yang digelar oleh bagian Sandi Telekomunikasi dan Pusat Data Elektronik Sekretariat Daerah Sintang.
   
Kepala Bagian Santel dan PDE Setda Sintang, AM Hermanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa keberadaan radio masih penting dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.
    
"Meski zaman sudah modern, radio tetap bermanfaat sebagai media informasi," katanya.
    
Ia berharap, peserta yang mengikuti bimbingan tekhnis bisa mengikuti kegiatan dengan baik agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Ikutilah kegiatan ini dengan baik, jangan sampai menganggap ini seremonial belaka," katanya.
   
Ketua panitia kegiatan Firdiansyah menyampaikan pembekalan teknis operator radio SSB tersebut akan  berlangsung selama 2 hari yaitu dari 26 Mei hingga 27 Mei. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 13 kecamatan, setiap kecamatan perwakilan sebanyak 2 orang.
    
Acara ini mengusung tema "Kita tingkatkan pengetahuan, manfaat dan etika komunikasi menggunakan radio SSB".
    
Sekda Sintang Yosepha Hasnah saat membuka kegiatan mengatakan, walaupun sekarang teknologi sudah tinggi,  radio tetap digunakan sebagai sarana dan prasarana dalam mengambil serta mendapatkan informasi secara aktual dari rekan-rekan yang berada di kecamatan.
    
Menurut Yosepha Hasnah, penyelenggaraan kegiatan ini bermanfaat guna membantu pemda dalam penyebarluasan informasi pembangunan daerah serta berbagai komunikasi pembangunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.
   
Lebih lanjut dikatakan dia, pelatihan ini bertujuan agar aparatur (PNS) memahami prinsip kerja dan kegunaan Radio Komunikasi guna mendukung keberhasilan tugas-tugas pokok PNS untuk pelayanan kepada masyarakat. Radio SSB diandalkan sebagai sarana komunikasi dan informasi kecamatan dengan kabupaten dalam menyampaikan informasi tentang program kesehatan, program pendidikan, keamanan serta informasi pembangunan lainnya.
    
Dengan pelatihan ini pertukaran informasi antara masyarakat dan pemerintah bisa berjalan lancar. Pelatihan ini memberikan pengetahuan operator radio SSB agar operator dapat melayani masyarakat dengan kompeten dan profesional.
    
"Sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan operator, kita harapkan operator ini kompeten dan profesional dalam tugasnya melayani masyarakat dalam pertukaran informasi," ujar dia.

Pewarta: Faiz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015