Sambas, Kalbar (Antara Kalbar) - Beberapa wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen Pontianak, Jumat, melepaskan puluhan tukik atau anak penyu jenis penyu sisik dan hijau di kawasan konservasi Tanjung Belimbing, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.
   
"Pelepasan tukik ini, sebagai bentuk kepedulian kami (AJI Pontianak) dalam melestarikan penyu agar tidak punah," kata Ketua AJI Pontianak, Heriyanto Sagiya di Paloh.
   
Ia menjelaskan para jurnalis sudah saatnya berpandangan yang luas dalam upaya pelestarian lingkungan, dan spesies hewan yang langka, salah satunya penyu jenis sisik dan hijau.
   
"Kami berharap, bentuk kepedulian wartawan terhadap kelestarian lingkungan lebih ditingkatkan lagi, baik dalam berbuat langsung maupun keberpihakannya kepada kelestarian lingkungan," kata Heri.
   
Sementara itu, Kepala Seksi BKSDA Wilayah III Singkawang, P Samosir menyambut baik, bentuk kepedulian dari teman-teman wartawan yang tergabung dalam AJI Pontianak, dalam upaya pelestarian penyu.
   
"Mudah-mudahan langkah teman-teman wartawan bisa diikuti semua elemen masyarakat lainnya dalam melestarikan penyu," ujarnya.
   
Pelepasan puluhan tukik tersebut sebagai rangkaian dari "Festival Pesisir Paloh" atau Fespa tahun 2015, yang dipusatkan di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015