Ketapang (Antara Kalbar) - Harga daging ayam di sejumlah pasar di Kabupaten Ketapang mulai naik menjelang Ramadhan.
    Berdasarkan keterangan Yulianty, pedagang di Pasar Rangga Sentap, semula harga daging ayam di kisaran Rp24 ribu - Rp25 ribu.
    "Sekarang sudah di kisaran Rp27 ribu per kilogram," kata Yulianty. Selain harga, permintaan akan daging ayam juga meningkat. Ia biasanya dalam satu hari memotong 50 ekor, terkadang tersisa.
    Yulianty menjelaskan, moment jelang Puasa dan Lebaran memang selalu ditunggu oleh para pedagang daging seperti dirinya. Sebab, permintaan bisa meningkat dua kali lipat. Naiknya permintaan di awal puasa dipicu banyaknya warga yang menggelar selamatan atau hajatan.
    "Awal-awal puasa biasanya ingin menu berbuka dan sahur yang enak, namun sampai di pertengahan bulan puasa biasanya sempat turun," kata dia.
    Ia menambahkan kenaikan harga daging ayam juga dipicu permintaan yang tinggi sementara tidak diimbangi dengan persediaan.
    Terkait harga ia mengaku tetap menyesuaikan harga dari kandang. "Kami hanya menyesuaikan harga dari kandang, untuk tahun lalu saat puncak permintaan harga daging ayam memang sampai menyentuh Rp 36 ribu per kilogram," ungkap dia.
    Sedangkan untuk daging sapi, stabil di kisaran Rp97 ribu - Rp98 kilogram.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015