Ketapang (Antara Kalbar) - Pemkab Ketapang difasilitasi TP PKK menggelar lomba celoteh anak usia dini di pendopo Bupati.
    Acara yang dibuka Bunda PAUD Ketapang Riniwati Henrikus yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, itu tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak usia dini.
    Ketua TP PKK Ketapang menerangkan di dalam UU  Nomor 20 tahun 2003, pasal 28 ayat 2 pasal 28 ayat 2 tentang sistem pendidikan nasional mengamanatkan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal atau pun informal.
    Selain itu  dalam Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional nomor 36 Tahun 2010 tentang organisasi dan tata kerja kementerian pendidikan nasional bahwa direktorat pendidikan anak usia dini berkewajiban untuk membina layanan program taman kanak-kanak, kelompok bermain, taman penitipan anak dan satuan PAUD sejenis.
    Karena itu, lanjut dia, pemerintah mengharapkan seluruh lapisan masyarakat, mendapatkan layanan pendidikan anak usia dini sehingga kebutuhan anak untuk mendapatkan layanan pendidikan sedini mungkin dapat terpenuhi.
    Menurutnya, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan  pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan perkembangan fisik dan mental, kecerdasan spiritual, emosional, sikap dan perilaku.
    Sehingga pendidikan anak usia dini merupakan titik fundamental dalam membangun generasi penerus bangsa. "Dengan diadakannya kegiatan pembinaan ini saya menyambut ini berupa lomba-lomba seperti  membuat alat permainan edukatif, celoteh anak dan permainan anak," kata Ny.Riniwati Henrikus.
    Istri Bupati Ketapang ini menilai  kegiatan ini selain bermanfaat untuk mengembangkan potensi juga memupuk rasa percaya diri pada anak. Ada pun hasil lomba yang dilakukan, diantaranya lomba membuat alat permainan edukatif. Sesuai Keputusan Dewan juri yang diketuai Ny. Hj.Urifah S.Pd.AUD, Nomor 03/KEP/DJ-APE/VI/2015, Tanggal 13 Juni 2015, diketaui TK Negeri Pembina sebagai juara pertama. Juara kedua  adalah TK Al Fatehah, juara ketiga adalah TK Ar Rahman, juara keempat TK Al Muhajirin  dan juara kelima adalah  PAUD As Salam.
    Sedangkan lomba celoteh anak, keputusan dewan juri Nomor 05/KEP/DJ-CA/2015 yang diketuai Ny.Hj.Elly Hendrawaty SP, MMA menetapkan TK Negeri Pembina sebagai juara pertama, disusul TK Babul khair sebagai Juara kedua.
    Sedangkan juara ketiga adalah TK Al Ikhlas sebagai juara ketiga, PAUD Assa’adah sebagai juara keempat dan TK Negeri 02 MHS sebagai juara kelima. Dari lomba permainan anak, Dewan
juri yang diketuai Ny.Septalina ismet menetapkan  Keputusan Dewan Juri Lomba Permainan Anak Nomor 04/KEP/DJ-PA/2015.  Dimana juara pertama TK Al Ikhlas, juara kedua adalah TK Pembina, juara ketiga TK Pertiwi Sungai Awan, juara TK Assalam Benua Kayong, juara kelima TK Muhajirin.***4***
    

Pewarta: Andi Chandra

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015