Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meminta seluruh Lembaga Pemadam Kebakaran (LPK) yang ada di kabupaten itu agar bisa ikut tanggap dalam upaya pemadaman api pada lahan yang terbakar.

"Menyikapi masih maraknya kejadian kebakaran lahan di Kubu Raya, saya minta ada sinergi dan koordinasi yang baik antar pemerintah dengan lembaga-lembaga pemadam kebakaran yang ada di sini," kata Rusman Ali saat memenuhi undangan silaturahmi dengan Badan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kubu Raya, Senin.

Rusman Ali mengatakan dengan adanya sinergi dan kerja sama yang baik akan mampu mengatasi semua persoalan dengan cepat dan baik. Termasuk persoalan kebakaran yang mana tidak selalu disebabkan oleh adanya kegiatan perkebunan dan pertanian baru, melainkan ada juga yang disebabkan oleh oknum-oknum jahil atau mungkin karena musim kemarau panjang sehingga puntung rokok saja bila dibuang sembarangan bias menimbulkan kebakaran.

Untuk itu Rusman Ali meminta agar ada kerja sama yang baik baik antara lembaga pemadam kebakaran dengan pemerintah maupun dengan masyarakat.

Dia menyadari kegiatan pemadam kebakaran merupakan aktivitas dan kegiatan kemanusiaan, sehingga membutuhkan pengabdian dan kesadaran sukarela membantu.

"Saya meminta agar selalu berkoordinasi dengan baik dengan pemerintah sehingga program kita dapat sinergi, untuk tujuan bersama mengatasi persoalan-persoalan kebakaran di Kubu Raya, baik lahan maupun pemukiman," tuturnya.

Rusman Ali menyadari saat ini dari hasil pantauan berbagai sumber titik api di Kubu Raya semakin banyak dan terus bertambah, sehingga harus diatasi secara bersama-sama. Pemerintah ikut serta menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut lewat kapasitasnya melalui instansi terkait.

Menurutnya kegiatan kemanusiaan ini harus dilakukan dengan penuh keikhlasan sehingga mendapat hasil dan manfaat yang baik.

"Saya mengapresiasi pemadam-pemadam kebakaran di Kubu Raya ini yang dengan ikhlas dan sukarela membantu mengatasi masalah-masalah kebakaran yang terjadi. Ini kegiatan kemanusiaan tidak semua orang terpanggil untuk itu, jadi kita memberi apresiasi kepada mereka yang selalu aktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti ini," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015