Pontianak  (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya menyatakan Kalbar sudah selayaknya memiliki Pangkalan Utama TNI Angkatan Luat IV (Lantamal IV), mengingat kawasan perairannya sangat luas dan berbatasan langsung dengan negara lain.

"Apalagi Kalbar sudah memiliki Kodam XII Tanjungpura, sehingga sudah selayaknya kawasan perairan diperkuat dengan Lantamal," kata Christiandy Sanjaya di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, perbatasan Kalbar dengan negara lainnya tidak hanya dengan darat, tetapi juga memiliki perbatasan laut, sehingga sudah selayaknya diperkuat dengan Lantamal.

"Kami berharap juga kepolisian dan TNI Angkatan Udara juga ditingkatkan statusnya dalam memperkuat ketahanan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujarnya.

Wagub Kalbar berharap dengan akan ditingkatkannya status Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) menjadi Lantamal IV, maka kekayaan laut akan lebih terjaga. "Tentunya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para nelayan Kalbar," ujarnya.


(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015