Pontianak (Antara Kalbar) - Koramil 1202-16 Singkawang/Sedau, Batalyon 641/Raider, Polsek Singkawang Timur serta Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Singkawang melakukan aksi bersih sampah di Sungai Kulor.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk membersihkan sungai dari sampah, mengingat sampah di bawah jembatan Kulor yang rusak ini sangat banyak. Sehingga kalau dibiarkan, tentunya akan menyumbat aliran sungai," kata Danramil 1202-16 Singkawang/ Sedau, Lettu Inf Taufik Wiramansyah di Singkawang, Minggu.

Menurutnya, sampah-sampah itu ada yang berasal dari hutan dan ada pula dari masyarakat.

"Nanti para Lurah terutama wilayahnya yang masuk di bantaran sungai akan kita kumpulkan dan arahan agar memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar sungai untuk tidak membuang sampah di sungai," katanya.

Taufik berharap, dari kegiatan itu akan meningkatkan kepedulian akan kebersihan sungai dari sampah. "Kalau sampah tidak dibersihkan, maka akan berbahaya sekali ketika hujan deras atau saat banjir. Maka air di sungai bisa meluap akibat tertahan tumpukan sampah," tuturnya.

Sebaiknya kata Taufik, material jembatan Kulor yang rusak dan roboh ini harus diangkat, karena menghambat aliran sungai.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Singkawang Timur, Iptu Sudirman berharap, kegiatan bersih sungai dari sampah akan menjadi kegiatan rutin kedepannya.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015