Ketapang (Antara Kalbar) - Tak banyak yang mengetahui keberadaan kerupuk basah produksi Kecamatan Manis Mata, Ketapang. Selama ini makanan yang diolah dari ikan sungai tersebut identik dengan kekayaan pangan dari Kabupaten Kapuas Hulu (Putussibau).

Satu persatu jenis makanan diperlihatkan oleh penjaga stan Kecamatan Manis Mata yang digabung dengan Kecamatan Pemahan di Stan Ketapang Expo 2015.

Mulai dari produk kerajinan tangan seperti anyaman dari bambu dan rotan, tas belanja dari bahan bekas,makanan olahan seperti kerupuk basah hingga sarang semut yang dipercaya adalah obat herbal yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh.

Camat Manis Mata Drs H Darma menuturkan di stand Kecamatan Manis Mata banyak memamerkan baik hasil olahan makanan ataupun hasil alam seperti kerajinan dan batu kecubung, sedangkan kecamatan Pemahan dengan ragam hasil kerajinan tangan yang diproduksi masyarakat setempat.

"Dari Manis Mata lihat sendiri ada banyak batu kecubung untuk cincin atau lainnya, ada makanan mulai dari ubi imbah, jamur sawit, atau sarang semut ,sedangkan dari Kecamatan Pemhanpun banyak hasil bumi yang dipamerkan seprti anyaman keranjang dari bambu dan rotan,juga tidak ketinggalan makanan,seperti rebung kering,kerupuk dan madu hutan,"imbuhnya.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015