Ngabang (Antara Kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, menggelar kegiatan lokakarya mini lintas sektoral Puskesmas Ngabang di Puskesmas Ngabang, Rabu, guna menjalin kerja sama untuk tingkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Lokakarya itu sendiri dihadiri Kepala Dinkes Landak Nurainy Sitinjak, Kepala Puskesmas Ngabang Justina Siregar, Camat Ngabang Yosep, sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat dan kader kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Ngabang.

Di temui di sela lokakarya, Kepala Dinkes Landak, Nurainy Sitinjak mengatakan, lokakarya mini yang digelar itu merupakan lokakarya untuk rapat lintas program dan lintas sektoral.

"Nantinya kita akan membagi tugas sesuai dengan program yang ada di Puskesmas Ngabang antara staf di Puskesmas dan antara lintas sektoral seperti camat, kades, tokoh masyarakat dan kader kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Ngabang," ujar Sitinjak.

Menurutnya, lokakarya mini inipun bertujuan untuk mengevaluasi program yang ada di Puskesmas dan sudah disampaikan kades kepada tokoh masyarakat serta kader kesehatan di wilayah Puskesmas Ngabang.

"Hal ini bertujuan supaya lintas sektoral tersebut bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan masyarakatnya masing-masing," kata mantan Direktur RSUD Landak ini.

Ia berharap melalui lintas program dan lintas sektoral ini, nantinya ada kerja sama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kalau tenaga medis di Puskesmas jelas tidak mampu mengurus kesehatan semua masyarakat. Oleh karena itu harus ada kerjasama yang baik," katanya berharap.

Nurainy juga berharap kepada para kades supaya bisa membantu melaksanakan program-program peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

"Tapi saya menilai derajat kesehatan masyarakat di desa juga sudah mulai membaik. Demikian juga dengan kerjasamanya sudah baik dari yang lalu. Pak kadesnyapun sudah aktif. Jadi, sekali lagi saya tegaskan, kita harus asa kerja sama yang baik di bidang kesehatan ini," tegasnya. (Kun/N005)

Pewarta: Kundori

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015