Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan terus menggencarkan proses pembangunan di kabupaten itu, sebagai bentuk mengisi kemerdekaan Indonesia yang saat berusia 70 tahun.

"Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk berpartisipasi dalam pembangunan di negara ini, dalam rangka mengisi kemerdekaan negara kita yang telah didapat dengan susah payah," kata Rusman Ali, usai memimpin upacara penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke-70 di Sungai Raya, Senin.

Dia mengatakan, pihaknya telah merancang berbagai program pembangunan di Kubu Raya yang dituangkan dalam RPJMD Kubu Raya hingga 2019 mendatang.

"Memang untuk mewujudkan pembangunan itu merupakan tugas dan kewajiban dari pemerintah. Namun, tanpa peran aktif masyarakat, tentu kita akan sulit untuk mewujudkannya dan untuk itu lah dibutuhkan kebersamaan dalam mempercepat terwujudkan pembangunan," tuturnya.

Rusman Ali menambahkan, Otonomi daerah memberi peluang luas kepada pemerintah daerah menentukan proses pembangunan. Namun, dalam praktiknya, berbagai aktivitas yang mengatasnamakan pembangunan sering kali salah arah.

"Namun, jika dilakukan secara bersama, tentu kita bisa memperkecil kesalahan dalam pembangunan itu," katanya.

Sebagai bupati, dirinya sudah berkomitmen akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur utama, terutama jalan-jalan poros yang ada di daerah luar ibu kota.

"Jalan-jalan poros ini menjadi prioritas mengingat jalan poros adalah jalur vital bagi mobilitas masyarakat dan barang. Untuk memperlancar mobilisasi barang dan orang diperlukan sarana infrastruktur yang memadai," kata Rusman Ali.

Menurutnya, untuk mendukung hal tersebut sejak awal Pemerintahan Rusman Ali-Hermanus fokus pada infrastruktur jalan Poros Antar-kecamatan dan Antar-desa.

Rusman Ali juga mengharapkan adanya kerja sama dan dukungan dari semua masyarakat untuk setiap program pembangunan di Kubu Raya. Menurutnya tanpa dukungan masyarakat program sebagus apapun tidak akan berjalan dengan baik.

Menurut Rusman Ali dengan adanya kerja sama yang baik dan niat serta langkah yang sama bersama masyarakat akan memperlancar program-program pembangunan, sebab Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri demikian juga masyarakat tidak bias berjalan sendiri, untuk mencapai tujuan bersama bagi Kubu Raya yang lebih baik harus berjalan bersama-sama.

"Untuk itu, dalam memperingati HUT RI ke-70 ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa memaknai kemerdekaan dengan sesungguhnya, bukan hanya sebatas seremonial belaka. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan mewujudkan pembangunan bersama," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015