Pontianak  (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan kegiatan Karnaval Khatulistiwa yang dilaksanakan, Sabtu (22/8) di Pontianak bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menghargai dan mencintai sungai sebagai penunjang kehidupan manusia.

"Kita tahu sendirilah kondisi sungai yang ada di Kalbar masih banyak yang kotor. Di mana masih banyak masyarakat membuang sampah ke sungai dan mengakibatkan air sungai menjadi tercemar," kata Gubernur Cornelis saat menyampaikan konprensi pers untuk kegiatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan, sungai yang ada ditengah masyarakat bukan hanya sekedar pelengkap, namun seharusnya bisa dijadikan penopang perekonomian manusia. Tak hanya itu, sungai juga dapat melengkapi kebutuhan energi listrik.

Dengan demikian, secara garis besar dapat disimpulkan keberadaan sungai merupakan hal yang penting dan berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Namun sayangnya, eksploitasi sungai secara berlebihan masih sering terjadi. Sebagai dampaknya, kondisi tercemarnya aliran sungai pun tidak dapat dihindari yang kemudian tentu membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia.

"Sesuai dengan kenyataan yang ada, sungai Indonesia dan Kalimantan Barat khususnya, semakin tercemar oleh berbagai bahan pencemar dan umumnya, bahan pencemaran tersebut dapat masuk ke sungai disebabkan oleh perilaku manusia. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bisa lebih mencintai sungai dan menjaga kelestarian air," tuturnya.

Cornelis menambahkan, sesuai dengan tema karnaval, "Optimis menatap masa depan Indonesia", karnaval Khatulistiwa bertujuan untuk membangkitkan optimisme masyarakat dalam menghadapi tantangan yang ada.

Karnaval itu juga menjadi jendela utama untuk menunjukkan negara lain bahwa perekonomian di Indonesia berjalan baik, termasuk di daerah.

"Karnaval juga mencakup karnaval air yang menunjukkan kekuatan Indonesia sebagai poros maritim. Makanya kita sangat menaruh harapan besar agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan saya harap masyarakat Kalbar bisa datang beramai-ramai untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Cornelis.

(U.KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015